Drainase Buruk, Punduh Pidada Kebanjiran

19 Februari 2015 - 09:00:09 | 3672 | BERITA DAERAH

DL/19022015/Punduh Pidada

Banjir yang tidak dapat dihindari akhirnya melanda kawasan Kecamatan Punduh Pidada tepatnya di desa Bangun Rejo. Ini disinyalir karena buruknya saluran air yang berada di sekita kawasan itu menyebabkan air tumpah ke jalan.

Hujan lebat selama hari Rabu (18/2) sudah menggenangi sepanjang jalan Desa itu hingga nyarus tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.
Menurut Sohibul Akbar, warga setempat, banjir ini terhitung cukup besar dibandingkan sebelumnya, meski intensitas hujannya nyaris sama. “Saya yakin ini karena drainase yang tidak terawat di sini. Kalau seperti ini terus makan akses jalan ini akan semakin parah, karena terus tergenang air hujan,” ujarnya prihatin.

Dari pantauan detiklampung.com di lapangan, air yang tercurah dari lereng kanan dan kiri tidak tertampung  di saluran air dan akhirnya meluap ke jalan, bahkan beberapa rumah juga mulai terendam air yang meluap itu.

Beberapa kendaraan yang dari arah Bandarlampung menuju lokasi wisata Teluk Kiluan, terpaksa balik arah karena jalan tidak dapat dilalui kendaraan.

M. Tomo, sekretaris Kecamatan setempat saat dikonfirmasi mengatakan bahwa usulan untuk perbaikan jalan dan saluran air di wilayah itu sudah dikirimkan ke provinsi sejak lama, namun belum ada tanggapan dan realisasinya.

“Kami sudah usulkan ke provinsi, tapi belum ada jawaban. Kalau dibiarkan demikian kondisinya akan semakin parah. Harus ada upaya pengerukan drainase dan pembuangan air menuju ke laut. Beberapa waktu belakangan sudah mulai mengkhawatirkan, karena rumah warga sudah mulai terkena dampaknya, disambangi air banjir ini,” ungkapnya.

Ia dan masyarakat berharap agar pemerintah provinsi melalui dinas terkait segera melihat kondisi daerah ini dan mengucurkan bantuan perbaikannya. (R-01/Kod)