Aries Sandi: Makmurkan Masjid Agung Aroyyan

16 Januari 2015 - 22:46:41 | 4266 | BERITA DAERAH

DL/16012015/ PESAWARAN

Bupati Pesawaran, Aries Sandi DP menegaskan bahwa pengurus masjid Agung dan Islamic Centre Aroyyan, yang baru saja dikukuhkan mampu memakmurkan masjid agung kebanggaan masyarakat Pesawaran itu.

Ini diungkapkan orang nomor satu Pesawaran itu saat meresmikan masjid yang dibangun dengan biaya Rp28,8 miliar itu, Jumat (16/1) di Gedung Tataan, Pesawaran.

“Saya minta masjid ini dijadikan pusat kegiatan bernuansa Islami sesuai dengan cita-cita kita bersama. Selain menjadi tempat ibadah dan syiar Islam, masjid ini tentu menjadi ikon kabupaten Pesawaran yang harus kita jaga bersama-sama,” ungkap Aries.

Masjid Agung dan Islamic Centre dibangun di jalan Ahmad Yani dan diperkirakan mampu menampung 3.000 jemaah. Di sini juga akan digunakan sebagai  pemusatan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Di lokasi ini juga akan dipergunakan Manasik bagi umat Islam yang akan menunaikan ibadah Haji dan umroh .

Dengan lokasi yang strategis di pinggir jalan lintas tiga kabupaten yakni Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus, maka masjid ini akan menjadi masjid transit bagi umat Islam yang melakukan perjalanan dari berbagai kabupaten termasuk Lampung Barat, bahkan dari daerah lain di Sumatera, seperti Bengkulu.

Letaknya yang persis berada di pinggir jalan raya menyebabkan masjid ini pas untuk ikon daerah Pesawaran dan akan menjadi identitas keagamaan daerah ini.

Menurut bupati Pesawaran, masjid ini dibangun dengan arsitek yang berpengalaman dan didukung sepenuhnya oleh dinas Pekerjaan Umum setempat sehingga semua berjalan lancar.

Aris mengatakan bahwa bukan saja orang-orang dewasa yang harus memakmurkan masjid ini, melainkan juga bisa digunakan untuk belajar Al Qur an bagi anak-anak mulai dari usia dini, remaja dan dewasa. “Masjid ini harus bermanfaat sebanyak mungkin kegiatan agama Islam mulai dari ibadah hingga pendidikan. Maka harus dikelola dengan sebaik-baiknya,” kata Aries.
Peresmian Masjid Agung Arroyyan bersamaan dengan memperingati Maulid Nabi Besar SAW dengan mendatangkan penceramah serta pengajian dari 11 Kecamatan se Kabupaten Pesawaran.(Rd-10)