Jatim Juara Sepakbola PON Remaja 2014

15 Desember 2014 - 19:38:15 | 297 | ASIAN GAMES 2018

DL/15122014/Sidoarjo

Tuan rumah benar-benar mewujudkan mimpinya sebagai host PON Remaja I yang sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, setelah dalam perburuan hari terakhir pesta olahraga remaja pertama kalinya ini mendulang medali emas dari cabang paling bergengsi, Sepakbola.

Jawa Timur sebelum masuk ke final mengalahkan sepakbola Lampung dengan skor meyakinkan, 5-0, dan Jawa Tengah mengalahkan Maluku Utara 4-0.

Dalam perebutan medali Perunggu myang bermain di stadion Jenggolo Sidoarjo, Senin (15/12), Lampung gagal mempertahankan kemenangan babak pertama 1-0 atas Maluku Utara, yang pada babak kedua membalas dengan 2 gol sekaligus merebut medali Perunggu.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur yang diasuh Mursid Efendi langsung keluar menyerang sejak kick-off, namun dengan mudah para pemain Jawa Tengah memberikan perlawanan yang elegan dan mematahkan bola jawa Timur sejak dari lapangan tengah.

Justru beberapa kali gawang Jawa Timur terancam oleh serangan Jawa Tengah yang selalu bertumpu pada sayap kiri, karena sektor beck kanan Jatim yang ditempai M Lutfi terlihat mudah ditembus. Beberapa kali percobaan anak-anak Semarang, di gagalkan kiper Jatim, Adi Iqbal. Babak pertama bertahan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Jawa Timur mengubah pola permainan, dengan menekan dari segala lini. Lima menit babak kedua berlangsung terjadi satu gol untuk Jatim, setelah terjadi screamage di depan gawang Jateng, saat dua pemain Jatim merangsek ke kotak penalti. Namun bola liar yang sudah membentur gawang bersaha dibuang Dani, seorang pemain belakang Jateng. Sialnya bola malah mengarah kepada M. Ilham yang berada persis di depan gawang kosong, dan dengan sentuhan kaki kirinya, menjebol gawang Ardi. 1-0 untuk Jatim.

Gol kedua berawal dari tendangan bebas dari luar kotak penalti Jateng. Kiper Ardi yang memaksakan diri menangkap bola sambil melompat, ternyata bolanya terlepas dan bersamaan dengan itu datang Yesa menyundul bola masuk ke gawang Jateng. 2-0.

Gol ketiga juga terjadi dari kesalahan pemain belakang Jateng yang tidak sempurna menahan bola di kotak penalti, menyambut crossing dari sayap kanan Jatim. Bola liar itu disambar dengan cepat oleh Ilham dan tidak dapat diblok kiper, Ardi. 3-0.

Ketinggalan 3 gol, anak-anak Jawa Tengah bangkit dan merangsek ke pertahanan Jawa Timur dan beberapa kali serangannya membahayakan gawang Adi Iqbal. Satu diantaranya mengenai mistar gawang, dan tiga dihalau oleh Iqbal.

Namun baru pada menit 81,  Yudi Aditya memperkecil ketinggalan menjadi 3-1, dan menaikkan semangat anak-anak Jawa Tengah. Namun baru semenit dari itu, gawang Jateng kembali jebol, kali ini oleh Wildan, 4-1.

Semenit sebelum waktu bubaran, Aditya kembali menjebol gawang Jatim dan kedudukan menjadi 4-2. Namun skor ini tidak berubah hingga peluty panjang.

Dengan demikian, Jawa Timur menyempurnakan juara umum mereka dengan tambahan satu medali emas dari sepakbola. (R-01)