Meski Berat, Renang Masih Ada Peluang

10 Desember 2014 - 20:22:17 | 1762 | PON REMAJA 2014

DL/10122014/Surabaya

Cabang renang yang tinggal menyisakan nomor 50 meter gaya bebas dan punggung, menjadi masalah tersendiri bagi tim renang PON Remaja Lampung. Pasalnya sampai hari keempat, David Ginting dan kawan-kawan belum bisa meraih medali setelah hanya finish di peringkat delapan.

Cabang renang yang berlangsung di Kolam Renang Kompleks Lapangan KONI Jawa Timur, Lampung menurunkan seluruh atletnya untuk berlomba di nomor 100 meter gaya punggung, 100 meter gaya bebas dan 200 meter gaya dada belum satupun mampu bersaing dengan atlet-atlet Pulau Jawa, sehingga harus tersingkir di babak penyisihan.

Kegagalan Djody dan Aldy di nomor 100 meter gaya punggung, berdampak besar dengan perjuangan atlet lainnya. Hal itu terbukti dengan gagalnya lima atlet Lampung menembus babak final. Djody yang menjadi andalan Lampung di nomor gaya punggung, harus puas finish diperingkat 13 sekaligus gagal ke final karena hanya delapan besar saja yang berhak melaju ke babak final. Nasib lebih buruk dialami oleh Aldy, dia finish empat tingkat di bawah Djody.

Di nomor 100 meter gaya bebas putri, atlet Lampung Naufal Rizki Alhami juga gagal menembus final. Naufal harus puas berada di peringkat 15, sekaligus mengubur mimpinya untuk meraih medali di PON Remaja I.

Kegagalan juga dialami dua atlet Lampung lainnya, yang turun di nomor 200 meter gaya dada putra-putri. Davis Ginting yang berada di lintasan 6, harus puas berada di peringkat ke-10 sekaligus gagal ke final.

Sedangkan Halimatus Sadiah yang sebelumnya mampu menembus babak final, juga mengalami kegagalan dan harus puas berada di peringkat ke-11. Turun di nomor 200 meter gaya dada, Ani sapaan Halimatus Sadiah juga harus puas dengan hasil tersebut. Kegagalan itu tentunya menyakitkan bagi tim renang PON Remaja Lampung, mengingat sebelumnya mereka diprediksikan mampu mencuri medali di nomor-nomor tersebut.

Kesempatan meraih medali bagi para perenang remaja Lampung sebenarnya masih terbuka, mengingat empat dari lima atlet akan berlomba hari terakhir, Kamis (11/12). Di nomor 50 meter gaya bebas putra, David Ginting dan Djody akan kembali mencoba keberuntungannya. Sedangkan di kelompok putri, Halimatul Sadiah siap memperbaiki peringkatnya di nomor 50 meter gaya bebas.

Satu lagi atlet Lampung yang akan turun di hari terakhir yaitu Aldy, di nomor 50 meter gaya punggung, di nomor tersebut juga Djody akan berlomba. “Harapan dan optimistis kami masih ada, mengingat anak-anak masih akan bertanding di nomor 50 meter gaya bebas dan gaya punggung. Insya Allah Kamis kita bisa meraih medali,” kata pelatih tim renang Lampung Musyarofah. (rb-02)