Jokowi akan Buka PON Remaja I Jawa Timur

08 Desember 2014 - 22:35:39 | 1566 | ASIAN GAMES 2018

 DL/08122014/Surabaya

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, rencananya akan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I di Surabaya Jawa Timur, Selasa (9/12). Opening Ceremony PON Remaja ini akan berlangsung di Gedung DBL Arena Surabaya pada pukul 18.30-21.00 WIB.

Ini diungkapkan Sekretaris Umum PON Remaja I Jawa Timur 2014, Suwanto, Senin (8/12) petang melalui telepon. Opening ceremony berlangsung seperti pembukaan olahraga multi even pada umumnya, meski dilakukan dalam ruangan. “Diharapkan tidak mengurangi kemeriahan acara pembukaan, dengan defile kontingan dari seluruh peserta PON Remaja kali ini.” Katanya.

Pada pelaksanaan pembukaan nanti akan dimeriahkan oleh acara-acara hiburan seperti Klantink Show (grup musik asal Surabaya pemenang Indonesia Pencari Bakat I), berlangsung pada pukul 18.30-18.56 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan salam kebangsaan, yaitu acara penyambutan Presiden RI. Dalam acara inti juga digelar tari selamat datang  dengan Tari Ngremo, disusul dengan defile kontingen.

Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai dengan pembukaan PON pada umumnya. Setelah defile dari seluruh kontingen peserta, dilanjutkan dengan laporan ketua umum PB PON Remaja. Sambutan Gubernur Jawa Timur, yang disusul sambutan Ketua Umum KONI Pusat.

Sambutan Presiden sekaligus membuka PON Remaja I, menjadi sambutan terakhir dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera PON Remaja. Acara dilanjutkan dengan janji atlet dan wasit, setelah itu penyalaan Api PON Remaja.

Sementara itu kontingen PON Remaja I Lampung, akan menurunkan seluruh atletnya mengikuti opening ceremony. Meski demikian wakil ketua kontingen Lampung, Sutan Syahrir, menegaskan tidak akan memaksa atletnya yang tengah bertanding untuk mengikuti pembukaan.

Hal itu tentunya sangat menggangu dan akan menjadi masalah, mengingat kebugaran atlet sangat di butuhkan. “Kami akan berusaha menurunkan seluruh personil kontingen, untuk mengikuti defile pada pembukaan besok. Kita akan sama-sama memeriahkan dan menyukseskan pembukaan PON, sesuai dengan fungsi dan kewajiban kita sebagai peserta,” katanya. (R-02)