Halimahtus Sadiah Masuk Final Renang

07 Desember 2014 - 17:30:47 | 1728 | ASIAN GAMES 2018

DL/07122014/Surabaya

Perenang remaja putri Lampung, Halimahtus Sadiah memenuhi harapan untuk lolos dari babak penyisihan di cabang renang yang berlangsung di kolam renang KONI Jawa Timur di Surabaya. Halimah mampu menerobos ke babak final di nomor 50 meter gaya dada putri, yang akan dipertandingkan petang ini di tempat yang sama.

Babak penyisihan yang dilaksanakan sejak pagi hari (Minggu,07/12) Lampung menurunkan tiga perenang yakni Naufal Rizki Ilhami di nomor 50 meter gaya bebas putra, David Ginting turun pada nomor 400 meter gaya dada putra dan Halimahtus Sadiah di 50 meter gaya dada putri.

Namun hari ini hanya Halimah yang mampu meneruskan langkah untuk merebut tempat di final petang ini. Sementara Naufal berada diurutan 13 dan David hanya di urutan 16. “Saya sudah prediksikan sebenarnya di nomor-nomor mereka itu setidaknya ada Halimah dan David yang bisa masuk final. Tapi tampaknya David meleset dari prakiraan.” Kata Musyarofah, pelatih renang Lampung melalui selulernya.

Saat ini yang dominan di kolam renang memang masih dari DKI jakarta, Jawa barat dan Jawa Timur. “Memang beberapa perenang Sumatera Utara dan Riau juga ada yang mencuat, tetapi tetap tiga daerah itu yang mendominasi. Masih banyak nomor yang akan dipertandingkan, hari ini baru 7 nomor dari 16 yang dipertandingkan,” tambah Eva, panggilan akrab Musyarofah.

Dalam buku evaluasinya Eva menulis bahwa dalam pertandingan kelompok remaja terbuka ini tidak sama dengan kelompok umur. “Di sini kan memang pertandingan terbuka, jadi bukan kelompok umur. Memang beberapa daerah sudah mempersiapkan dengan baik perenang andalannya. Sebenarnya anak-anak kita cukup gigih, namun memang dalam selisih usia tentu ada selisih pengalaman bertanding. Makanya kita masih terus memberikan semangat kepada anak-anak. Terutama yang belum turun, seperti  Jody dan Akli. Mereka juga punya potensi untuk menyodok dalam persaingan,” kata Eva. (R-01)