PNS Harus Memiliki Wawasan Global

13 November 2014 - 14:40:56 | 324 | BERITA DAERAH

DL/12112014/PRINGSEWU

--- Bupati Pringsewu H.Sujadi mengatakan untuk dapat melaksanakan tugas pelayanan dengan baik, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut memiliki profesionalisme dan wawasan global disamping memiliki kompetensi yang tinggi.

Namun yang menjadi permasalahan adalah terbatasnya SDM aparatur PNS yang profesional dan memiliki kompetensi tinggi. Karena itu diperlukan pembinaan berdasarkan sistem prestasi kerja dan karir serta pengembangan SDM aparatur berbasis kompetensi agar organisasi birokrasi dapat mewujudkan kinerja yang lebih baik dan memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Bupati Pringsewu yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Pringsewu, Achmad Alwi Siregar saat membuka kegiatan fasilitasi dan dukungan aktivitas pengembangan profesi PNS di aula STKIPM Pringsewu, Selasa (11/11), juga menekankan PNS sebagai public servant yang wajib memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam Tap MPR-RI No.VI/2001, presiden sesungguhnya diberikan amanat untuk membangun kultur birokrasi Indonesia menjadi birokrasi yang transparan, akuntabel, bersih dan bertanggung-jawab serta dapat menjadi pelayan masyarakat dan menjadi teladan masyarakat.

Selain itu, dalam Undang-undang No.43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian pada Bab I Butir 8 jelas disebutkan bahwa manajemen PNS adalah keseluruhan upaya untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan derajat profesionalisme penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban kepegawaian, yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan, promosi, penggajian, kesejahteraan dan pemberhentian.

Pada intinya manajemen kepegawaian lebih berorientasi pada profesionalisme SDM aparatur yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan dan pembangunan, tidak partisan, netral, keluar dari semua pengaruh golongan dan partai politik dan tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait hal tersebut, Pemkab Pringsewu sangat mendukung kegiatan tersebut, mengingat pengembangan SDM aparatur yang berbasis kompetensi sangat diperlukan dalam pengembangan karir yang memungkinkan seorang aparatur tidak sekedar mengerti, akan tetapi dapat melakukan sesuatu yang memang harus ia kerjakan. (Rd-010)