Pringsewu Menuju e-Goverment

02 November 2014 - 22:41:33 | 6307 | BERITA DAERAH

DL/02112014/PRINGSEWU

--- Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah memiliki jaringan intranet dan internet yang terkoneksi ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup pemda setempat, dengan menempatkan server berkemampuan 1 tera di Indonesia Data Center (IDC) Jakarta.

Hal tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menerapkan e-government guna meningkatkan kualitas birokrasi dan pelayanan publik. Demikian diungkapkan Bupati Pringsewu H. Sujadi saat menerima kunjungan tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di ruang rapat bupati, kantor pemda setempat, baru-baru ini.

Penerapan e-government di Pringsewu dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut mencakup pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis. “Artinya pengembangan e-government dilakukan dalam rangka penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, agar pelayanan publik dan segala informasi dapat diakses secara mudah dan terjangkau oleh masyarakat,” katanya.

Terkait kerjasama antara Pemkab Pringsewu dengan BPPT, diharapkan akan mampu merealisasikan salahsatu misi pemerintah daerah yaitu membangun tata kelola pemerintahan yang baik dengan menerapkan kaidah-kaidah Good Governance and Clean Government.

Setelah pertemuan ini, tim BPPT dapat meninjau setiap SKPD Pemda Kabupaten Pringsewu untuk melihat kesiapan di setiap SKPD. “Saya meminta setiap SKPD bisa menyikapinya lebih lanjut program atau aplikasi apa yang segera bisa direalisasikan di masing-masing SKPD dengan menyesuaikan kondisi yang ada di Kabupaten Pringsewu,” pintanya.

BPPT sendiri menyatakan siap bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Pringsewu untuk menerapkan ilmu IT yang dimilikinya kepada Pemkab Pringsewu, seperti yang sudah dilakukan di beberapa Pemerintah Daerah lainnya, seperti Pemda Kota Bogor, Pemda Kota Malang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Boyolali, dan kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu, Sugesti Hendarto menambahkan Kabupaten Pringsewu telah siap menuju e-government, baik SDM maupun infrastruktur. “Saat inipun, masyarakat telah dapat mengakses informasi dari Pemda Pringsewu melalui situs www.pringsewukab.go.id, dan bahkan antar SKPD pun telah terkoneksi dengan intranet, dan internet,” ujarya. (rd-010)