Sujadi: Wredatama Wadah Insan Membangun

29 Agustus 2014 - 14:13:51 | 3213 | BERITA DAERAH

DL/29082014/Pringsewu

Bupati Pringsewu, Sujadi Saadad berharap Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) semakin matang, maju, dan mampu memperkokoh eksistensi dalam mengembangkan organisasi yang merupakan wadah insan-insan pembangunan.

Ini diungkapkannya pada peringatan Hari Ulang Tahun PWRI ke-52 Kabupaten Pringsewu, sekaligus pelantikan pengurus cabang PWRI Kabupaten Pringsewu dan ranting Kecamatan Gadingrejo di GSG Gadingrejo, Kamis (28/8).

Menurut Sujadi, PWRI sebagai organisasi kaum lanjut usia, merupakan organisasi yang bersifat nasional yang pembentukannya didukung pemerintah. 
Dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998, tentang Kesejahteraan Lanjut Usia dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2004, tentang pelaksanaan upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia, antara lain mengamanatkan, bahwa lanjut usia mempunyai kewajiban yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sesuai dengan peran dan fungsinya, lanjut usia berkewajiban untuk membimbing dan memberi nasihat secara arif dan bijaksana berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya, terutama di lingkungan keluarganya dalam rangka menjaga martabat dan meningkatkan kesejahteraannya, mengamalkan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan, keahlian, keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang dimilikinya kepada generasi penerus, serta memberikan keteladanan dalam segala aspek kehidupan, kepada generasi muda.

Sujadi menghimbau segenap pensiunan PNS, baik yang terdaftar secara resmi sebagai pengurus PWRI dan anggota, maupun yang belum terdaftar, agar senantiasa memposisikan diri sebagai pengayom dan penyejuk dalam masyarakat, dimana semua aktivitas, gerak langkah dan ucapan, diupayakan senantiasa berorientasi kepada hal-hal yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesama warga.

Yang dilantik saat itu, Hendarman, Ketua PWRI Cabang Kabupaten Pringsewu dan kepengurusannya, dan Ketua Ranting Kecamatan Gadingrejo, Tulus Widodo dan kepengurusannya. Hadir dalam acara itu Ketua PWRI Provinsi Lampung, H.M. Nur Alfian serta seluruh jajaran dan anggota PWRI se Kabupaten Pringsewu. (rd-10)