Program Keluarga Harapan di Pesawaran Berjalan Baik

28 Agustus 2014 - 13:16:40 | 3942 | BERITA DAERAH

DL/28082014/Pesawaran

Program Keluarga Harapan yang dikembangkan di Pesawaran dan mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah adalah satu program yang dianggap sangat baik dan akan mampu memperbaiki perekonomian masyarakatnya.

Ini dikatakan Musiran, Wakil Bupati Pesawaran, yang merupakan penanggung jawab Program Keluarga Harapan (PKH) ,dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Enam Saudara di Jalan A Yani Gedung Tataan, Pesawaran, Rabu (27/8). Menurut Musiran, program ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Pesawaran, Aries Sandi Darma Putera.

“Program ini juga mendapat perhatian besar dari pak Aries (Bupati Pesawaran – red). Saya waktu menjadi Camat sudah ada program bantuan kepada masyarakat, akan tetapi program ini merupakan program Pemerintah yang terbaik, oleh karena itu setidak-tidaknya dapat merubah perekonomian masyarakat, khususnya di Pesawaran " jelasnya.

Program bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial dan Transmigrasi sangat membantu rakyat kecil, sehingga program yang dikucurkan langsung ke rekening masing-masing penerima itu merupakan program pemerintah yang sangat baik namun harus tetap dievaluasi.

Rapat Kordinasi yang melibatkan Ketua PKH Korwil Lampung 2, Slamet Riyadi, Wakil Bupati  Pesawaran Musiran, juga dihadiri narasumber yang terdiri dari beberapa Instansi, diantaranya Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, serta Dinas Kabupaten Pesawaran.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Toto Semedi mengatakan, rapat kordinasi ini diharapkan dapat saling mengemukakan masalah terkait dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing pengurus terutama pendampingnya dari Dinas Sosial setempat,  sehingga segala sesuatu termasuk dengan laporan setiap pencairan ada verifikasi dan pertanggung jawabannya.

"Ini harus benar-benar dilaksanakan, karena harus dipertanggung jawabkan melalui laporan tertulis yang baik kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia," ungkapnya.

Ketua pendamping PKH Kabupaten Pesawaran, Agustian, mengatakan bahwa tugas pokok selaku pendamping diantaranya adalah memfasilitasi seluruh kegiatan PKH di Kabupaten, “Kami melakukan koordinasi ke Korwil Lampung 2 maupun dengan pendamping yang ada di Kecamatan se Kabupaten Pesawaran.Untuk penerima PKH tahun 2014 jumlahnya cukup banyak, dengan sasaran 11.502 kepala keluarga untuk 9 Kecamatan atau 144 Desa yang tersebar di seluruh kabupaten". Ungkapnya.(rd-010)