Bangunan TK CBS Pringsewu Masih Ilegal

07 Agustus 2014 - 09:10:19 | 1944 | BERITA DAERAH

DL/07082014/Pringsewu 
--- Meskipun belum mengantngi ijin resmi yakni Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), ternyata yayasan Citra bangsa School (CBS) dengan leluasa sudah bisa membuat gedung megah untuk kegiatan belajar mengajar bagi sebuah taman kanak-kanak (TK) di Jalan perkantoran Pemkab Pringsewu, Pekon Bulukarto Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu.

Yang hebatnya, pemilik yayasan TK CBS seperti menantang pers untuk memberitakan tentang tidak adanya IMB miliknya, dengan dalih yang sangat mengejutkan. “Silahkan jika mau diekspos media soal IMB ini, karena ketua yayasan ini kan ibu Bupati Pringsewu. Saya senang jika media mau mengekspos dan membongkar masalah IMB kami. Tapi sebaiknya bangunan lain yang juga tidak ada IMB nya juga di ekspos,” kata dr. Ulinoha, tanpa menyebut bangunan mana saja yang tidak punya IMB.

Camat Gadingrejo, Suprayogi mengatakan bahwa dirinya belum pernah mengeluarkan rekomendasi  bahkan sampai berita ini diturunkan  belum pernah menerima permohonan IMB TK CBS. "Sepengetahuan saya sebagai Camat Gadingrejo sampai saat ini belum pernah menerima permohanan IMB gedung yayasan TK CBS, " ujar suprayogi saat ditemui dikantor Bupati Pringsewu sebelum mengikuti rapat bersama jajaran SKPD dengan Sekdakab  Pringsewu pada Rabu (06/8).

Ditempat terpisah Kabid Tata ruang Dinas PU Kabupaten Pringsewu Bambang  Sukaton,mengatakan belum ada rekomendasi yang diterimanya terkait IMB gedung yayasan TK CBS tersebut. "Saya tidak tahu karena sampai saat ini saya belum menerima rekomendasi terkait permohonan IMB gedung yayasan TK CBS," terangnya.

Hal senada  juga disampaikan oleh Nurdin, Kasi Penindakan dan Pengawasan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (BPPTSPPM) Kabupaten Pringsewu, saat dihubungi via ponselnya juga mengaku belum pernah ada BPPTSPPM  Kabupaten Prinsewu menerbitkan IMB terkait gedung yayasan TK CBS Bulukarto Kecamatan Gadingrejo.  "Berdasarkan data yang kami miliki belum pernah BPPTSPPM  mengeluarkan IMB terkait gedung TK CBS, " katanya.

Namun TK CBS sudah memiliki ijin operasional sejak belum pindah gedung baru, yakni tatkala mereka masih berada di wilayah kecamatan Pringsewu. “Ijin Operasional itu sudah dikeluarkan sejak TK CBS masih  di wilayah kecamatan Pringsewu,” kata Samsir Kasim, sekretaris Dinas Pendidikan, Budpar Kabupaten Pringsewu, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Keberanian Ulinoha mengatakan bahwa media juga harus mengekspos bangunan yang tidak ber IMB  seolah memberikan sinyal bahwa di Pringsewu ada bangunan-bangunan yang berdiri tanpa IMB, sebab nada bicara Ulinoha cukup serius. (rd-09)