Gedung Kesenian DKL Baru Hardware

07 Juli 2013 - 15:38:43 | 1853 | SENI & BUDAYA

DL/07072013/Bandarlampung

Mimpi seniman-seniman Lampung untuk memiliki gedung kesenian sendiri menag sudah terwujud, dimana kini Pemprov Lampung sudah membangun sebuah gedung kesenian yang dinilai standar di kawasan PKOR Way Halim, Bandarlampung.

Namun gedung itu ternyata baru diumpamakan sebagai hardware atau perangkap kerasnya, lantaran sampai saat ini baru diselesaikan secara fisik. “Saat ini baru 90 persen. Tinggal lantai dasarnya saja yang belum selesai. Tapi ini akan segera kami konfirmasi dengan pimpro untuk kepastian penyelesaiannya,” kata Hari Jayaningrat kepada detiklampung via seluler (07/07).

Menurut Hari, gedung itu memang sudah segera siap, namun masih perlu isi dan software lainnya. Isi itu termasuk mebelair dan keperluan organisasi yang berhubungan dengan sarana kerja. “Kami masih melobi tentang software nya. Karena gedung itu kan memang perlu lampu, panggung dan perangkat lainnya termasuk sound system,” tambah Ketua Harian Dewan Kesenian Lampung itu.

Masih menurut Hari, bahwa gedung  itu kelak akan dipergunakan sebagai tempat beraktivitas seluruh komite di DKL, Namun demikian juga terbuka untuk para seniman lainnya dari luar  DKL, karena gedung itu kan punya seniman.

Selama ini diakuinya memang DKL agak terkendala beraktvitas, karena tidak adanya sarana yang memadai, seperti gedung kesenian itu.

Dalam rancanag gedung ini memang didisain menjadi berbagai fungsi yakni sebagai gedung pertunjukan dan pameran. “Gedung itu dipergunakan untuk pertunjukan seni, tari, musik dan seni gerak lainnya. Selain itu juga tersedia ruangan untuk pameran foto, lukisan dan lain-lain,” ungkap Hari. (R1)