Kolonel Marzuki Ingin Pertahankan Kesenian Jatilan Lestari

03 April 2019 - 07:07:19 | 5292 | PARIWISATA

DL/31032019/Natar

---- Tak banyak sosok pemimpin yang punya keinginan menggebu untuk melestarikan kesenian lokal dan daerah Indonesia dengan serius. Lain dengan sosok Kolonel (Purn) H. S. Marzuki, S.Sos, M.Si yang langsung menyatakan ingin terjun langsung dan menjadi pelestari seni tari Kuda Lumping atau sering disebut Jatilan.

Ini diungkapkannya saat melakukan silaturahmi dengan masyarakat di dusun Suka Bandung, Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, berbarengan dengan Pengobatan Gratis untuk warga sekitar pada Sabtu 30 Maret 2019.

“Terus terang saya secara pribadi memang prihatin dengan beberapa jenis kesenian daerah di Indonesia, yang makin lama makin terdesak dengan modernisasi. Padahal sebenarnya ini tidak perlu harus tergerus dengan globalisasi, karena kesenian daerah ini punya ciri khas yang tak ada di negera lain,” ungkap Marzuki, yang juga calon anggota DPR RI dari partai PDI Perjuangan dapil Lampung 1 itu.

Lebih lanjut Marzuki berkeinginan untuk bisa secara langsun membina grup-grup Kuda Kepang, Jatilan, Kuda Lumping dan semacamnya agar mereka bisa diperhatikan terutama di daerah perkotaan.

“Kalau di kampung-kampung kesenian ini masih bisa lestari meskipun dengan kesederhanaannya, maka akan lebih baik jika kesenian ini juga diperkenalkan untuk generasi muda kita yang ada di Kota-kota besar. Ini penting untuk memberikan pengetahuan tentang budaya Indonesia. Jangan sampai setelah Jatilan dan semacamnya ini diambil oleh Negara lain baru teriak-teriak,” ujarnya tegas.

Mantan anggota TNI AD yang pensiun dalam pangkat terakhir Kolonel ini berharap para pelaku seni tidak berkecil hati dan pesimistis, sebab mereka ini juga artis yang seharusnya memiliki tempat tersendiri di tengah masyarakat.

“Artis itu bukan sekedar bintang film, tetapi mereka pelaku seni tradisional juag artis namanya. Maka dari itu saya ingin mendorong kesenian ini terus dilestarikan oleh kita semua. Jangan bebankan kepada mereka sendiri, tetapi kita semua harus hadir,” ungkap Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan Dapil Lampung 1 Nomor urut 7 ini.

Sementara, Sapturi, pemimpin Seni Kuda Lumping Dwi Karya Grup dari Negara Ratu ini menyatakan rasa gembiranya dengan adanya sambutan dan penyemangat dari Kolonel Marzuki itu.

“Terima kasih pak Marzuki, kami memang berharap ada pemimpin atau calon pemimpin di daerah ini yang berani menggaransikan dirinya untuk melestarikan kesenian seperti kami ini. Kami jelas akan siap mengantarkan pak Marzuki ke Senayan dengan seluruh kerabat dan keluarga kami.” Ujarnya.

Marzuki juga menegaskan, pernyataannya bukan sekedar janji karena itu berasal dari hati. “Insha Allah saya pasti akan tepati,” katanya. (don)