BPS Diminta Hasilkan Data Yang Sesuai Dengan Realitas

09 Februari 2019 - 17:03:54 | 21600 | POLITIK

DL/09022019/Bandarlampung

----- Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Junaidi Auly mengatakan bahwa dalam Sensus sosial ekonomi nasional tahun 2019 Badan Pusat Statistik (BPS) diharapkan dapat menghasilkan data yang berkualitas. Menurutnya, data yang berkualitas didalamnya sesuai dengan realitas di lapangan.

"Data yang nanti disajikan BPS nantinya bisa mengukur sejauh mana kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, dan diharapkan bisa menghindari data yang simpang siur dan ganda,” ungkap Junaidi dalam agenda Pelatihan Calon Petugas Sensus Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) bersama BPS Provinsi Lampung di Tulang Bawang, Selasa 6 Februari 2019.

Junaidi menambahkan bahwa data Susenas yang dihasilkan nanti bisa menjadi rujukan pemerintah untuk memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. “Harapannya dapat menjadi pijakan utama pemerintah dalam pembangunan nasional yang sejalan dengan RPJMN dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," ujar Legislator PKS yang biasa disapa Bang Jun ini.

Dia berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan data yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. "Hal tersebut sangat penting guna menciptakan data yang akurat terkait sosial dan ekonomi terutama data terkait kemiskinan yang seringkali diperdebatkan,” kata Bang Jun.

Bang Jun menegaskan bahwa pelatihan petugas lapangan harus sesuai dengan kebutuhan seperti pendalaman materinya guna kesiapan petugas lapangan. Diharapkan juga kedepan BPS membangun sistem data yang dapat diakses mudah oleh masyarakat untuk mengontrol kinerja pemerintah khususnya pada bidang pembangunan sosial dan ekonomi. (*/Lis)