DPRD Metro Minta Tanggap Bencana Masuk Kurikulum Sekolah

10 Januari 2019 - 09:55:11 | 2241 | BERITA DAERAH

DL/10012019/Kota Metro

---- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, meminta walikota memasukkan penanggulangan bencana alam kedalam mata  pelajaran estra kurikulum di sekolah. Hal itu perlu dilakukan agar siswa mampu mengantisipasi jika terjadinya bencana alam. Oleh karenanya perlu dilatih sejak dini.

Hal ini disampikan oleh anggota Komisi II DPRD Metro, Ridhuan Sory Maoen Ali, di ruang kerjanya Rabu 9 Januari 2019.

“Bukan tidak mungkin di Kota Metro aman dari bencana alam, bisa sakja terjadi, misalnya, merasakan gempa, angin puting beliung dan lainnya. Ini harus sudah menjadi perhatian Pemkot untuk biasa mengatasinya. Paling tidak mampu mengamnkan diri sendiri jika terjadi bencana alam di daerahnya,” katanya.

Persiapan dini harus sudah bisa dilakukan jika didaerahnya terjadi bencana alam,siswa sudah bisa mengantisipasinya maka diperlukan mata pelajaran estra kurikuler cara mencegah bencana alam. Banyak contoh bencana yang terjadi mengakibatkan banyaknya jatuh korban, lantaran tak memahami cara mengantisipasinya.

Dewan melihat itu menjadi penting untuk dilakukan guna mencegah dampak gempa atau puting beliung dan bisa dilakukan antisipasinya sejak dini.

“ Bukan berarti Kota Metro aman dari bencana alam, dampak gempa bisa juga sampai di Kota Metro dan menguncang kota, begitu juga angin puting beliung bisa saja terjadi di Kota Metro ini,” tegasnya. (Igun)