FORKI Lampung Targetkan Pemerataan Wasit - Juri

26 Desember 2018 - 21:34:09 | 34857 | OLAHRAGA

DL/26122018/Bandarlampung

----- Mengacu pada pembinaan jangka panjang yang bermuara pada peningkatan prestasi karateka di provinsi Lampung, maka Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Lampung, mulai menitik beratkan pada perangkat pembinaan dan pertandingan, yakni Wasit dan Juri.

Targetnya adalah menyebar wasit dan juri ke 15 kabupaten dan kota se provinsi Lampung dengan kuota minimal 2 wasit dan juri yang berkualitas dan kompeten.

Sebab, dalam kenyataannya, wasit dan juri merupakan bagian penentu kemenangan dalam sebuah pertandingan. Maka diharapkan wasit dan juri di Lampung memiliki kemampuan yang baik dan berkualitas tinggi.

Ini diungkapkan Hanibal, Ketua Umum Pengprov Forki Lampung pada pembukaan penataran dan refreshing wasit dan juri se provinsi Lampung di GOR Saburai Enggal Bandarlampung, Rabu 26 Desember 2018.

“Penataran dan refreshing ini maksudnya untuk mempersiapkan wasit dan juri yang berkualitas dan kompeten. Saya ingin seluruh kabupaten dan kota punya wasit dan juri minimal 2 orang lah. Yang pada gilirannya akan mampu memberikan pengetahuan untuk peningkatan prestasi karateka sejak dari level daerah,” katanya.

Hanibal menegaskan bahwa kesempatan penataran dan refreshing ini dimanfaat sebaik mungkin oleh para peserta. Menurutnya banyak peraturan-peraturan wasit dan juri yang berkembang dan perlu dipahami.

"Sering kita lihat atlet-atlet bertanding, dan menurut pengamatan kita sudah bagus, tapi dinyatakan kalah. Nah, ini penyebabnya karena ketidak pahaman aturan-atutan perwasitan," tegasnya.

"Saya sengaja datangkan dari pemateri dari PB, agar teman-teman bisa saling menggali pengetahuan yang di miliki oleh PB, waktunya tidak lama. Jangan sia-sia kan waktu yang ada," kata Hannibal. (*/ver)