DTPH Lambar Bangun Pertanian Melalui LKMA-Koperasi Gapoktan

06 Desember 2018 - 14:24:08 | 7938 | BERITA DAERAH

DL/05122018/Lampung Barat

----- Sebagai pelaksana urusan pemerintahan di bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura di daerah khususnya Kabupaten Lampung Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar bertanggungjawab terhadap keberhasilan pembangunan pertanian di bidang tanaman pangan dan hortikultura, dengan tujuan utama yakni terwujudnya kedaulatan pangan. 

Upaya DTPH Lambar dalam mewujudkan kedaulatan pangan adalah melalui kemandirian pangan, dimana dalam skala daerah dan pusat mampu memproduksi sendiri pangan yang beraneka ragam, yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat. 

Hal yang sangat pokok untuk diperhatikan pada kondisi kemandirian pangan adalah terjaminnya ketersediaan stock pangan. Ketersediaan yang ada harus surplus, yang berarti cukup untuk memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan bisa menyumbang untuk kebutuhan nasional, hal tersebut hanya dapat diwujudkan apabila tercapainya swasembada pangan.

Disamping itu DTPH Lambar memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kelompok tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani.

Terkait itu DTPH Lambar melaksanakan Kegiatan Penumbuhan Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) bagi Gapoktan dalam bentuk Koperasi Gapoktan yang berbadan hukum.

LKMA Gapoktan adalah Unit Pengelola Keuangan Mikro Gapoktan, yakni sebuah Lembaga Keuangan Mikro unit usaha Gapoktan yang fungsi utamanya mendorong kegiatan menabung dan fasilitasi pembiayaan/permodalan usaha kelompok tani/petani anggotanya.

LKMA Gapoktan sendiri harus memiliki badan hukum yang dapat berbentuk koperasi atau perseroan terbatas (PT). 

Tujuan dan dampak positif yang dihasilkan dari pembentukan LKMA Koperasi Gapoktan antara lain :

-  Menyalurkan dana untuk Rumah Tangga Petani (RTP) produktif dan usaha kecil dengan cara mudah, murah dan bersih.

-  Sebagai upaya peningkatan taraf hidup.

-  Tempat berlatih manajemen ekonomi di masyarakat bawah.

-  Menjadi perantara antara pemodal dan penabung dengan pengusaha mikro.

-  Bisa didirikan tanpa modal besar, peralatan dan kantor mewah.

Pertumbuhan LKMA - Koperasi Gapoktan Lambar Tahun 2018

Realisasi program kegiatan Penumbuhan Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis Koperasi Gapoktan Tahun Anggaran 2018 Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat yaitu dengan terbentuknya badan hukum Koperasi Gapoktan 5 Koperasi Gapoktan yakni :

- Koperasi Gapoktan Serumpun Mandiri Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit

- Koperasi Gapoktan Tri Tunggal Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa.

- Koperasi Gapoktan Maju Bersama Pekon Luas Kecamatan Batu Ketulis.

- Koperasi Gapoktan Agung Jaya Pekon Bumi Agung Kecamatan Belalau.

- Koperasi Gapoktan Citta Jaya Pekon Campang Tiga Kecamatan Batu Ketulis.

Dengan keberhasilan tersebut, pihak DTPH Lambar berharap, di tahun yang akan datang akan terbentuk lebih banyak lagi Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) Koperasi Gapoktan, agar dapat menghasilkan kesejahteraan petani di Kabupaten Lampung Barat. (Advetorial)