Futsal Lampung Mengukir Sejarah di Liga Pro

05 Desember 2018 - 16:02:47 | 7425 | FUTSAL MANIA

DL/05122018/Kota Metro

---- Prestasi futsal Lampung mencapai fase yang cukup mengagumkan saat ini, dimana dalam percaturan kompetisi cabang olahraga Futsal tingkat nasional, Lampung mengirimkan dua tim wakil di kompetisi tertinggi Futsal Indonesia dalam hal ini Liga Profesional (Liga Pro).

Kedua wakil itu ada di satu manajemen yakni Giga Futsal Club Kota Metro. Pertama Giga FC yang sudah berkompetisi sejak dua tahun lalu, dan kemudian klub Futsal Kota Metro (FKM) yang baru saja lolos ke Liga Pro tahun 2019.

Ini diungkapkan Plt Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Lampung, Edi Purwanto, usai launching team yang dilakukan di Giga Futsal Arena  Kota Metro, Rabu 5 Desember 2018.

“Ini sejarah baru. Harus dicatat dan diakui ini bukan cita-cita dan bukan mimpi. Ini kenyataan. Bahwa manajemen Giga FC kini membuktikan sebagai kekuatan baru di Lampung bahkan di Indonesia. Dengan mengelola dua klub di Liga professional bukan hal mudah dan murah. Manajemen mempunyai tugas yang sangat berat,” kata Don Pecci panggilan akrab Edi Purwanto.

Provinsi Lampung kini menjadi perhatian besar dalam percaturan kompetisi kasta tertinggi Futsal Indonesia, karena kehadiran dua tim tersebut. “Ini sebuah sejarah memang, karena sebelum ini, untuk lolos ke Liga Pro itu sulitnya bukan main. Dan kali ini Lampung punya dua tim yang se kandang. Ini istimewanya,” tambahnya.

Namun demikian Don Pecci mengingatkan kepada manajemen Giga FC agar jauh lebih serius dalam menangani tim-tim nya dalam mengikuti persaingan di masing-masing grup.

Karena FKM berada di grup berat bersama beberapa tim besar di tanah air. “Saya hanya mengingatkan bahwa eforia lolos itu sudah selesai, dan kini tinggal bagaimana pelatih dan tim bekerjasama untuk menjadi kontestan yang disegani oleh lawan-lawannya,” kata Don.

Namun demikian dalam tim FKM maupun Giga FC yang bermain di Liga Pro terdapat beberapa pemain yang sudah bisa dipastikan bisa membela Lampung untuk babak prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON).

“Ini nilai tambahnya dan hikmah baiknya. Dalam situasi yang sedang padat kompetisi, kita punya beberapa pemain yang berada di tim Pro dan secara fakta bisa punya banyak kesempatan bermain dan mematangkan kemampuan individu maupun secara tim kolektif,” ungkap manajer Radio ASN Lampung itu.

Dengan mayoritas pemain pra PON berada di tim Liga Pro, harapannya Lampung mempunyai tim kuat dan bisa lolos ke PON untuk pertama kalinya. “Ini kesempatan baik untuk bisa lolos PON 2020. Mudah-mudahan harapan kita terkabul,” katanya. (Ver)