Delapan Tim besar Lolos Ke Babak 16 Besar Champions League

28 November 2018 - 08:09:48 | 9288 | OLAHRAGA

DL/28112018/Jakarta

---- Delapan klub besar Eropa memastikan lolos ke babak 16 besar piala Liga Champions 2018 usai bertanding di matchday 5, Rabu 28 November 2018 dinihari WIB.

Barcelona menjadi tim pertama yang lolos ke babak gugur usai meraih 10 poin di pertandingan keempat. Dalam laga itu Barcelona diimbangi Inter Milan 1-1 di Stadion Giuseppe Meazza, 7 November.

Tujuh tim lainnya yang memastikan diri ke fase selanjutnya adalah Bayern Munchen dan Ajax Amsterdam dari Grup E, Manchester City dari Grup F, Real Madrid dan AS Roma dari Grup G, serta Juventus dan Manchester United dari Grup H.

Di Grup E Bayern Munchen yang tengah inkonsisten di Bundesliga bisa menang telak 5-1 atas Benfica di Allianz Arena. Sedangkan Ajax mengalahkan AEK Athens 2-0 di Stadion Olympic.

Man City lolos ke babak berikutnya usai bermain imbang 2-2 dengan Olympique Lyon di Stadion Graoupama. Dalam laga itu Man City sempat tertinggal dua kali sebelum akhirnya gol Sergio Aguero pada menit ke-83 kembali menyamakan skor.

Di pertandingan lain Real Madrid meraih kemenangan 2-0 atas AS Roma di Stadion Olimpico. Gol pertama Madrid dicetak Gareth Bale memanfaatkan dari blunder bek Federico Fazio. Lucas Vazquez pun menambah keunggulan bagi Madrid menjadi 2-0 pada menit ke-59 usai menerima umpan Karim Benzema.

Meski kalah Roma tetap menjadi pendamping bagi Madrid. Pasalnya, CSKA Moscow yang awalnya menjadi rival bagi Roma untuk mendapatkan tiket ke babak gugur justru kalah 1-2 dari Viktoria Plzen.

Di Grup H Manchester United menjadi pendamping Juventus di babak gugur setelah menang tipis 1-0 atas Young Boys di Stadion Old Trafford melalui gol Marouanne Fellaini. Sedangkan Juventus juga menang dengan skor yang sama atas Valencia. 

Juve vs Valencia

Juventus memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Bianconeri mengunci tiket berkat kemenangan tipis 1-0 atas Valencia.
Menjamu Valencia di Allianz Stadium, Rabu (28/11/2018) dinihari WIB, Juventus tampil dominan. Tuan rumah menebar banyak ancaman untuk sang tamu.

Juventus mencatatkan tujuh tembakan mengarah ke gawang, berbanding hanya satu milik Valencia. Meski demikian, Juventus hanya mendapatkan satu gol.

Satu-satunya gol itu dicetak oleh Mario Mandzukic di menit ke-59. Kemenangan tipis ini sudah cukup untuk meloloskan Si Nyonya Besar ke babak 16 besar.

Juventus masih memimpin Grup H dengan kini mengoleksi nilai 12 dari lima pertandingan, dua poin di depan Manchester United. Perolehan kedua tim ini sudah takkan terkejar oleh Valencia di tempat ketiga yang baru mengumpulkan lima poin.

Susunan pemain:

Juventus: Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro (Juan Cuadrado 46); Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Mario Mandzukic, Paulo Dybala (Dougas Costa 79), Cristiano Ronaldo

Valencia: Neto; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Francis Coquelin, Daniel Parejo, Geoffrey Kondogbia (Carlos Soler 72), Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno (Kevin Gameiro 46), Santi Mina (Michy Batshuayi 68). (dbs)