Jokowi: Jangan Sampai Kita Kalah Dengan Negara Lain

20 Oktober 2018 - 23:59:32 | 19710 | NASIONAL

DL/19102018/BALI

---- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Winarni Nanang Ermanto, Kepala Dinas PMD, Burhanudin, Kabag Otonomi Daerah, Setiawansyah serta Staf Khusus Bupati, hadiri Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018 yang bertempat di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park,  Ungaran, Kuta Selatan,  Badung Provinsi Bali. 

Acara yang dihadiri Mendagri,  Menteri Desa,  Gubernur Bali beserta Fokorpinda Prop. Bali, Bupati/Walikota dan Ketua DPRD se-Indonesia, Kades dan Lurah pemenang Lomba Desa dan Lomba Kelurahan tiap Provinsi se-Indonesia tersebut, dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan pada para Kepala Desa agar dapat mengembangkan potensi desa dengan memanfaatkan teknologi. "Jangan sampai kita kalah dengan daerah atau negara lain, "kata Jokowi memberi semangat. 

Menurutnya, masa yang akan datang,  bukan negara berkembang yang akan mengalahkan negara maju, akan tetapi negara yang mau berlari yang akan mengalahkan negara yang lambat. 

Penyelenggaraan Temu Karya Nasional yang menggelar Teknologi Tepat Guna,  direncakan akan digelar selama  3 hari,  dari 19 hingga 21 Oktober 2018, diselenggarakan sebagai wadah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba desa dan kelurahan.

Hal ini juga dilakukan sebagai langkah strategi dalam penyebaran informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Untuk memacu pertumbuhan, percepatan pembangunan desa, serta semangat membangun desa, direncanakan tahun depan pemerintah pusat akan memberikan dana kelurahan dan dana operasional desa. 

Sementara itu, pada Temu Karya Nasional Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKes) Tahun 2018, Lampung Selatan mendapatkan penghargaan sebagai Juara Satu Lomba Desa se-Propinsi Lampung dan penghargaan akan diberikan oleh Menteri pada sore harinya. (Ris/Kmf)