Timnas U-19 Indonesia Awali Langkah Dengan Kemenangan Atas Taiwan

18 Oktober 2018 - 22:53:27 | 10152 | OLAHRAGA

DL/18102018/Bandarlampung

---- Mengawali pertandingan di grup A Piala Asia U-19, Tim Nasional Sepakbola U-19 membuat langkah positif dengan menggulung lawan pertamanya, Taiwan dengan skor 3-1. Ini menjadi pertanda bahwa keinginan untuk bisa lolos dari grup ini sedang dimulai.

Meskipun perjuangannya sangat berat, karena Garuda Nusantara asuhan Indra Sjafri ini baru bisa memproduksi gol setelah melewati menit 50.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018, Indonesia tampil lebih mendominasi di babak pertama.

Tapi, sejumlah peluang yang didapat tim asuhan Indra Sjafri selalu gagal membuahkan gol. Sementara Taiwan lebih banyak bertahan. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua Timnas Indonesia U-19 bermain lebih agresif. Alur serangan tim Garuda Nusantara terlihat lebih lancar. Satu menit babak kedua berjalan Egy Maulana Vikri hampir mencetak gol ketika tendangannya dari dalam kotak penalti berhasil diblok kiper Li Guan Pei usai mengecoh satu pemain Taiwan.

Indonesia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-48. Berawal dari tendangan Egy ke pojok kiri gawang yang berhasil ditepis kiper Guan Pei, bola rebound kemudian gagal dimanfaatkan Muhammad Rafli Mursalim setelah sontekannya mengarah ke sisi kiri gawang.

Usaha keras Indonesia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-50. Berawal dari blunder bek Taiwan Karl Hu Josefsson yang gagal menyapu umpan silang Witan Sulaeman, Egy dengan mudah melepaskan bola ke pojok kiri gawang tanpa mampu diantisipasi kiper Guan Pei.

Keunggulan Indonesia tidak bertahan lama. Taiwan hanya butuh waktu dua menit untuk menyamakan kedudukan melalui gol Wang Chung Yu pada menit ke-52. Gol Taiwan berawal dari kesalahan Rachmat Irianto yang kehilangan bola di tengah lapangan.

Setelah Rachmat kehilangan bola Taiwan langsung melancarkan serangan balik. Huang Jyun Wun kemudian melepaskan umpan silang yang gagal dihentikan kapten Nurhidayat dan Chung Yu dengan dingin menaklukkan kiper Muhammad Riyandi.

Saat kedudukan sama 1-1, serangan Indonesia semakin menjadi-jadi. Indonesia akhirnya kembali unggul pada menit ke-71. Berawal dari tendangan bebas Lutfhi Kamal yang gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Guan Pei, Witan Sulaeman kemudian dengan mudah menyundul bola ke gawang Taiwan yang tidak terkawal.

Permainan terbuka terjadi hingga pengujung babak kedua. Tapi, sejumlah peluang Indonesia yang didapat gagal membuahkan gol. Tim Garuda Nusantara baru mampu menambah keunggulan pada menit ke-89.

Berawal dari tusukan Egy yang berhasil tinggal berhadapan dengan kiper Guan Pei, pemain Lechia Gdansk itu kemudian mengirim umpan ke Witan. Dengan sekali tendangan Witan melepaskan bola mendatar ke pojok kiri gawang yang tidak mampu dihentikan bek Taiwan.

Skor 3-1 untuk Indonesia atas Taiwan pun bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain
Timnas Indonesia U-19: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika; Saddil Ramdani (Feby Eka Putra, 81), Syahrian Abimanyu, Muhamad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman; Muhammad Rafli Mursalim (Todd Rivaldo Ferre, 73) Egy Maulana Vikri.

Timnas Taiwan U-19: Li Guan Pei; Hou Pin I, Fong Shao Chi, Kenneth Huang; Lan Hao Yu, Wu Yen Shu, Huang Jyun Wun, Will Donkin, Chiu Po Jui, Tu Shao Chieh; Wang Chung Yu. (*)