Kejari dan BPN Bandarlampung Jalin Kerjasama Terkait Pertanahan

15 Oktober 2018 - 22:58:31 | 45090 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/15102018/Bandarlampung

---- Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bandarlampung menjalin Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung.

Nota kesepakatan bersama atau MoU tersebut ditandatangani Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandarlampung, Ahmad Aminullah dan Kepala Kejari Bandarlampung, Hentoro Dwi Cahyono yang digelar di kantor BPN Bandarlampung, Senin 15 Oktober 2018.

Hentoro Dwi Cahyono mengatakan sebagai jaksa negara, pihaknya memiliki kewenangan memberi bantuan hukum atau pun memberi pertimbangan hukum jika nantinya ada permasalahan hukum.

"BPN rawan persoalan hukum seperti adanya gugatan dari masyarakat soal tanah, jadi kita siap untuk mendampingi pihak BPN Kota atau pun pemerintah," ujarnya.

Selain BPN, pihaknya juga telah menjalankan kerjasama dengan instansi pemerintah lainnya. Kemungkinan akan menjalin MoU dengan Wali Kota Bandarlampung, Bank Syariah dan Dispenda Kota untuk melakukan penagihan pajak dan lainnya.

"Sebagian untuk perusahaan BUMN dan BUMD yang ada di Bandarlampung sudah kita lakukan kerjasama dalam hal memberi bantuan hukum atau penyuluhan hukum," jelasnya.

Selain itu, Kepala BPN Bandarlampung Ahmad Aminullah mengatakan, dengan adanya kerjasama dengan pihak kejaksaan diharapkan kedepan hubungan dengan Kejaksaan semakin baik dalam hal berkordinasi persoalan hukum. "Kita harapkan kedepan hubungan semakin membaik dalam kerjasama ini," katanya. (ver)