Kota Metro Peringati Hari Pangan se Dunia

10 Oktober 2018 - 09:11:10 | 3672 | BERITA DAERAH

DL/05102018/Kota Metro

---- Terungkap saat pencanangan Hari Pangan se Dunia ke 38 dan Hari Ikan Kota Metro, stok kebutuhan beras bagi warga kota Metro, mengalami peningkatan dan surplus 8.000 ton pertahun.

Hal ini dihasilkan dari lahan sawah petani yang masih potensial mencapai luas 1.771 Ha,sehingga mampu memproduksi rata-rata 5,6 ton padi per hektar.

Walikota Metro A. Pairin mengatakan untuk kebutuhan beras penduduk Metro yang mencapai 166 ribu jiwa, tercukupi, bahkan mengalami kelebihan dari hasil panen petani.

Begitu juga kebutuhan pupuk juga tercukupi. Pasalnya, petani telah melakukan sistem penebusan melalaui Bank.

“Hanya saja yang perlu diwaspadai kegagalan panen petani akibat hama wereng. Itu harus disikapi oleh Dinas Tanaman Pangan untuk dicarikan solusinya guna tercapainya produksi padi yang maksimal,” jelas Walikota Jumat 5 Oktober 2018.

Pairin meminta, agar optimalisasi pemanfaatan lahan harus dilakukan. Saat ini, lahan potensial yang ada di Kota Metro seluas  2.895 Ha. Itu sebagian ditanami palawija dan sayuran agar kebutuhan pokok pangan masyarakat tetap stabil dan tercukupi.

Sementara, Kadis Tanaman Pangan kota Metro Lucia Parjiem mengatakan, untuk lahan potensial yang ada di Kota Metro mampu menghasilkan rata-rata 5,6 ton padi perhektarnya. Jika dikalikan dengan luas lahan sebanyak 1.771 Ha, maka untuk memenuhi kebutuhan beras penduduk mengalami kelebihan yang cukup tinggi mencapai 8.000 ton pertahunnya. 

“ Jadi hasil panen Petani mengalami peningkatan dan berlebih hingga 8.000 ton pertahunnya,” jelas Parjiem.

Selanjutnya, acara Pencanangan Hari Pangan ke-38 se-Dunia di Kota Metro ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kegiatan berbagai lomba seperti membuat makanan serba ikan serta jajan pasar. (Igun)