DPRD Metro Desak Pemrov Lampung Bayar Hutang

10 Oktober 2018 - 08:59:32 | 3591 | BERITA DAERAH

DL/01102018/Kota Metro

---- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Kota  (Pemkot) Metro mendesak Pemerintah Provinsi Lampung untuk segera membayar utang uang bagi hasil pajak yang dipungut pihak Provinsi di Kota Metro. Pasalnya, uang itu sangat diperlukan untuk pembangunan.

Ketua Komisi I Basuki menilai, uang tersebut cukup banyak jika digunakan untuk pembangunan akan banyak mamfaatnya. Dan itu merupakan hak Kota Metro untuk diminta, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Senin 1 Oktober 2018.

“ Sebaiknya Pemkot segera menagih uang tersebut dan Provinsi harus segera membayarnya karena ini untuk kelangsungan pembangunan di kota Metro,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi I, Nasrianto Efendi. Pihaknya pernah mengingatkan Pemprov saat ikut hadir dalam rapat koordinasi antar kabupaten/kota beberapa waktu lalu.

“Saya sudah sampaikan dan mendesak agar Provinsi segera membayar uang tersebut. Paling tidak, minimal utang Provinsi dari hasil bagi pajak di tahun 2017 saja yang senilai Rp27 miliar dibayarkan  terlebih dahulu,” katanya.

Pada saat itu lanjut Nasriyanto, jawaban dari pihak Pemprov akan diupayakan pembayarannya. Namun hingga kini belum ada kejelasan yang pasti untuk dibayarkan. Untuk itu pihak DPRD meminta Pemkot  Metro mendesaknya  agar segera dilunasi.

“ Uang bagi hasil tersebut didapat dari pajak kendaraan bermotor, dan air bawah tanah. Nilai total utang Provinsi terhitung sejak 2015 jumlahnya senilai Rp53 miliar. Untuk tahun 2017 senilai Rp27 milyir,” tandasnya. (Igun)