Satu Abad Pondok Pesantren Al Hidayat Indahnya Toleransi Untuk Indonesia

10 Oktober 2018 - 00:15:05 | 169776 | HUMANIORA

DL/09102018/Bandarlampung

---- Toleransi dan kebhinekaan adalah isu yang sangat penting pada era dimana penyebaran informasi melalui berbagai media sangat mudah dilakukan saat ini.

Masyarakat merasakan sesaknya ruang publik, terutama internet, dengan berbagai unggahan bernuansa intoleran bahkan melupakan keniscayaan bahwa bangsa ini adalah beragam dalam satu kesatuan (bhineka tunggal ika).

Pada sebuah kesempatan acara, Jumat 5 Oktober 2018 di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Gus Zaim atau KH M Zaim Ahmad Mashum, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayat di Lasem Kabupaten Rembang sosok yang dikenal meneruskan semangat toleransi pendiri Ponpes Al Hidayat kepada para santrinya dan kepada siapapun yang berinteraksi melalui program Ngaji Toleransi, menyampaikan rencana peringatan 1 Abad Berdirinya Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem, dengan tema Menghadirkan Keindahan Toleransi dari Lasem Untuk Indonesia kepada beberapa tokoh yang hadir dan mendapat sambutan antusias.

Brigjen Pol Drs H Budi Setiawan, Msi Kepala Biro Multimedia Div Humas Mabes Polri menyatakan akan mendukung semaksimal mungkin rencana itu, mengingat pentingnya toleransi dan kebhinekaan bagi bangsa yang saat ini seoalah-olah terbelah akibat politik bernuansa SARA.

Pejabat dengan riwayat penugasan menghadapi  kerusuhan antar etnis di Sampit, mengalami daerah operasi militer di Aceh, memantau potensi-potensi konflik ketika menjabat Kabag Deteksi Biro Analis Baintelkam.
Hingga saat ini menghadapi tawuran media sosial dalam jabatan Karo Multimedia Div Humas ini meyakini segala macam konflik akan bisa dicegah jika masyarakat memiliki kesadaran bahwa kebhinekaan itu anugerah Tuhan yang harus disyukuri dengan toleransi.

Rencana Peringatan 1 Abad Pondok Pesantren Al - Hidayat yang didirikan oleh KH. Mashoem Ahmad pada tahun 1916 di desa Soditan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang ini juga didukung penuh oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, S.Pd.I, Anggota DPR RI Komisi I Muhammad Arwani Thomafi yang juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Ketua Panitia Peringatan 1 Abad Ponpes Al Hidayat, H Affan Martadi menyatakan bahwa panitia sudah melakukan audiensi ke Kantor Staf Presiden yang juga menyambut dengan baik dan akan mengupayakan hadirnya Presiden Ir H Joko Widodo pada acara puncak pada bulan November nanti. (*)