AP Games 2018: Momen Mengharukan Presiden Jokowi dan Makna Disabilty Menjadi Ability

07 Oktober 2018 - 22:29:45 | 3402 | OLAHRAGA

DL/07102018/Jakarta 

---- Presiden RI Joko Widodo membuka Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu 6 Oktober 2018. Selain memberikan pidato dengan bahasa isyarat, Jokowi juga melakukan prosesi memanah.

Prosesi tersebut dimulai dengan video seorang gadis yang duduk di kursi roda bernama Bulan. Ia menceritakan perjuangan para penyandang disabilitas, dalam menjalani hidup dan tak kenal lelah untuk berlatih. Bulan lalu menyapa Presiden. "Saya ada di sini, Pak Jokowi ada di mana?," ucapnya.

Seperti dirilis bola.com, Jokowi pun langsung turun dari tribun VIP dan menghampiri Bulan. Bulan memberikan sebuah kotak, kemudian mereka melakukan prosesi memanah.

Jokowi kemudian memanah dengan sasaran kata disability. Kata tersebut kemudian hancur menjadi ability begitu terkena panah. 

Sebelumnnya, Jokowi membuka Asian Para Games 2018 dengan menggunakan bahasa isyarat dengan satu kalimat. "Asian Para Games Indonesia 2018 saya nyatakan dibuka, selamat berjuang dan sukses," ungkap Jokowi.

Presiden Asian Paralympic Commitee, Majid Rashed mengatakan, Asian Para Games 2018 di Indonesia menjadi tonggak penting bagi paralimpian Asia, untuk bersaing di dunia.

Sementara itu, Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari mengatakan, Asian Para Games 2018 adalah semangat kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Melalui ajang ini, Indonesia menunjukkan semangat yang luar biasa dalam mendukung perjuangan atlet difabel.

Asian Para Games 2018 berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober. Ajang ini mempertandingkan 18 cabang olahraga. Indonesia menargetkan posisi tujuh besar dengan raihan 16 medali emas. (*)