UKW Angkatan ke-28 PWI Digelar Awal November 2018

03 Oktober 2018 - 20:44:04 | 10584 | PENDIDIKAN

DL/03102018/BANDAR LAMPUNG

---- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2018.

Setelah anggkatan XVII awal tahun lalu berlangsung di Swiss Bell Hotel, kini angkatan XVIII dilaksanakan di Balai Wartawan Hi. Solfian Akhmad, Jalan Ahmad Yani, Bandar Lampung, pada 5-6 November 2018.

Plt. Ketua PWI Lampung Nizwar mengungkapkan, sebenarnya UKW Angkatan XVIII direncanakan pada Oktober ini. Namun, karena penggurus baru saja melaksanakan Kongres XXIV PWI di Solo, Jawa Tengah, maka diundur bulan depan.

"Bulan ini kita juga punya agenda peresmian gedung PWI pada tanggal 10. Agar persiapan berjalan baik, pelaksanaan UKW kita undur hingga awal bulan depan," ucapnya usai Rapat Pengurus Harian PWI Lampung di Balai Wartawan Hi. Solfian Akhmad, Bandar Lampung, Rabu 3 Oktober 2018.

Peserta UKW akan diutamakan kepada anggota biasa yang belum mengikuti atau belum lulus UKW, serta anggota muda atau generasi milenial.

"Anggota biasa PWI Lampung berjumlah 510 orang dengan 44 di antaranya belum mengikuti dan ada yang telah mengikuti namun belum lulus UKW. Sementara anggota muda berjumlah 188 orang. Dari jumlah anggota muda itu, yang telah berkompeten baru 43 orang," jelas Nizwar.

Dia berharap, total 189 anggota PWI Lampung yang belum lulus ini dapat terserap pada UKW Angkatan XVIII, dan pelaksanaan UKW tahun 2019.

"Kita menargetkan seluruh anggota PWI berkompeten. Karena itu, gunakanlah kesempatan UkW VIII sebaik-baiknya. Para anggota agar dapat mempersiapkan diri dengan meningkatkan kapasitas dan wawasan. Nantinya, yang belum terserap pada UKW akhir tahun ini akan kita upayakan pada UKW tahun depan," ujarnya.

Nizwar melanjutkan, setiap peserta dikenakan biaya administrasi. Tingkatan Muda sebesar Rp1,2 juta, Madya Rp1,7 juta, dan Utama Rp2,2 juta. "Syarat lainnya, peserta telah bekerja minimal satu tahun sebagai wartawan," pungkasnya. (Lis)