Pesan Nanang, Agar Nelayan Manfaatkan Kapal Bantuan Dengan Baik

13 September 2018 - 02:35:40 | 21168 | EKONOMI

DL/11092018/KALIANDA

---- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto menyerahkan bantuan kapal berkapasitas 3 gross tonnage (GT) berserta kelengkapannya bagi nelayan setempat.

Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut, berlangsung di Dermaga Bom Kalianda, Selasa 11 September 2018 sore, disaksikan sejumlah pejabat teras Pemkab Lamsel, kelompok nelayan, serta masyarakat yang hadir.

Nanang berharap, bantuan kapal itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menangkap ikan. Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok nelayan yang menerima bantuan.

“Saya harap bantuan ini dapat menjadi stimulus bagi nelayan untuk bekerja lebih baik dan lebih giat lagi, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan saudara-saudara. Tolong dirawat, dijaga dengan baik,” imbuh Nanang.

Selain itu, Nanang menuturkan, usaha kelautan dan perikanan yang meliputi penangkapan, pembudidayaan, pengolahan, dan pemasaran ikan merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan tarah hidup masyarakat.

Dengan demikian katanya, usaha kelautan dan perikanan merupakan alternatif dalam menjawab permasalahan tingginya tingkat pengangguran.

“Inilah bentuk perhatian pemerintah pusat, karena pemerintah tidak pernah berhenti berupaya membantu masyarakat terutama pelaku usaha kelautan dan perikanan dengan jalan memberikan bantuan, seperti yang kita lakukan hari ini,” kata Nanang.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Lamsel, DR. Meizar Melanesia menjelaskan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

“Jadi, yang mendapatkan bantuan ini yaitu kelompok nelayan yang sudah mengajukan proposal permohonan pada tahun lalu. Dan sekarang kita berikannya,” kata Meizar.

Dia merinci, bantuan yang diberikan itu berupa 10 unit kapal 3 GT lengkap beserta kelengkapan alat tangkap ikan. Yakni, 20 cool box, mesin honda 13 PK, alat tangkap jaring (gillnet millenium), serta GPS sebanyak 10 unit.

Alhamdulillah, berkah tahun baru Islam, kita bisa memberikan bantuan untuk 10 kelompok nelayan. Mudah-mudahan ini (bantuan, red) bisa bermanfaat bagi kelompok ," katanya. (Ris/az)