Nunik Birokrat Berdedikasi Perpustakaan, Terima Nugra Jasadarma

08 September 2018 - 06:34:07 | 22680 | PENDIDIKAN

DL/08092018/Jakarta

---- Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dengan Kategori Birokrat atas dedikasinya memajukan perpustakaan daerahnya.

Penghargaan langsung diterima oleh Bupati perempuan pertama di Provinsi Lampung ini. Nunik biasa disapa ini menerimanya dalam Malam Penganugrahan Nugra Jasadarma Pustaloka Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 yang digelar di Integrity Convention Center, Jalan Angkasa Raya Kav.B.6 Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis malam 6 September 2018.

Sebelumnya pada Mei lalu, Perpustakaan Kesuma Pustaka Purbolinggo Lampung Timur berhasil keluar sebagai juara pertama Pengelolaan Perpustakaan Umum Desa atau Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 dan berhasil masuk nominasi 6 besar pada Cluster B mewakili Provinsi Lampung. Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi di bidang perpustakaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih dan dedikasinya dalam pengembangan perpustakaan dan budaya baca di Indonesia.

Adapun penghargaan yang diberikan pada malam penganugrahan tersebut antara lain penghargaan Pelestarian Naskah Kuno dan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka yang diberikan dalam beberapa kategori yakni, Kategori Birokrat, Kategori Masyarakat, Kategori Pers, serta Kategori Jurnalis/Penulis.

Selain itu malam penganugrahan yang dihadiri oleh para pegiat literasi dari seluruh penjuru tanah air ini juga memberikan penghargaan pada Kategori Buku Terbaik Koleksi Deposit Perpustakaan Nasional, Kategori Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional, Kategori Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional, Kategori Lomba Perpustakaan Desa atau Kelurahan Tingkat Nasional, Kategori Pustakawan Terbaik, Kategori Tokoh Masyarakat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, serta Kategori Lifetime Achievement.

Dalam menerima penghargaan tersebut Nunik didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs.Mulyanda beserta staf. Tak hanya Nunik dari birokrat terdapat tiga birokrat lainnya juga yang diganjar penghargaan serupa yakni Jenderal Polisi Tito Karnavian (Kapolri), Awang Faroek Ishak (Gubernur Kalimantan Timur) dan Ferdian Andreas Lacony (Wakil Bupati Pali). (rel)