Pairin: Pencak Silat Bukan Olahraga Untuk Gagah-gagahan

06 September 2018 - 08:37:33 | 30051 | OLAHRAGA

DL/06092018/Kota Metro

----- Walikota Metro Ahmat Pairin menegaskan bahwa olahraga Pencak Silat bukan untuk gagah-gagahan dan untuk berkelahi tetapi untuk menjunjung tinggi nilai kemanusian serta sportifitas dan sebagai wahana pemersatu.

"Saya berharap olahraga pencak silat ini bukan untuk menunjukkan gagah atau untuk berkelahi, tetapi merupakan olahraga yang harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, bisa menahan diri agar menjadi atlet yang mumpuni," tegasnya.

Ini diungkapkan Wali Kota Metro Achmad Pairin saat membuka Kejuaraan Pencak Silat Wali Kota Cup 2018 tingkat pelajar Sekolah Dasar  (SD)  hingga Sekolah Menegah Atas  (SMA) di buka secara langsung oleh walikota Metro Ahmat Pairin, pada Selasa 4 Nopember 2018, di Padepokan Kelurahan Yosomulyo Metro Timur.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pariwisata  Kepemudaan dan Olahraga kota Metro, Kusbani, mengatakan, kejuaraan pencak silat tingkat pelajar ini diikuti oleh 178 atlet putra- putri dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK di Kota Metro.

Tujuan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi  dan antar atlet, pengurus se-Kota Metro dan Provinsi Lampung serta sebagai tolak ukur prestasi dari pencak silat yang ada di Lampung.

“Ciptakan atlet handal, sehingga Kota Metro akan lebih maju dan dapat mewakili Lampung pada event Nasional, bahkan Internasional” katanya.

Olahraga pencak silat merupakan tangkai olahraga yang di pertandingkan di ASIAN Games dan menyumbangkan medali terbanyak, jadi pencak silat merupakan olahraga yang harus ditingkatkan dan dikembangkan. 

"Pada cabang pencak sikat, Indonesia meraih 14 medali emas pada ASIAN Games. Jadi mari kita pacu semangat, karena olahraga  pencak silat merupakan sarana beladiri, bukan untuk sarana memacu permusuhan,” jelasnya.

Pembukaan pertandingan Pencak Silat Wali Kota Cup 2018 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota Metro Djohan dan Ketua IPSI kota metro Tisma Yeti, serta dilanjutkan buka gelanggang dengan penyerahan golok secara simbolis oleh perwakilan peserta kepada Wali Kota Metro Achmad Pairin. (Igun)