Siapa Kandidat Pengganti Mourinho di MU

29 Agustus 2018 - 20:50:42 | 41256 | OLAHRAGA

DL/29082018/Bandarlampung

---- Manchester United sebagai tim besar yang mengalami start buruk di pentas Premier League musim ini menjadi bahan pembicaraan hangat. Mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dari tiga pertandingan.

Setan Merah baru saja menelan kekalahan memalukan di kandang sendiri. Mereka dipaksa menyerah dengan skor telak 3-0 atas Tottenham di Old Trafford, Manchester.

Kekalahan tersebut tentu saja membuat posisi Jose Mourinho berada dalam tekanan. Bahkan tidak sedikit yang menyebut pria Portugal itu akan segera didepak dari posisinya.

Namun, jika ada spekulasi bahwa Mo akan dipecat, maka MU harus segera mencari penggantinya. Ada beberapa manajer yang dianggap pantas untuk menjadi suksesor Mourinho di klub.

Berikut ini lima manajer yang bisa menggantikan Jose Mourinho seperti dirilis detik.com dari Sportskeeda diantaranya. 

Zinedine Zidane

Tidak ada manajer di dunia sepakbola yang lebih sukses dari Zinedine Zidane dalam beberapa tahun terakhir. Pria Prancis itu menikmati kesuksesan besar selama dua setengah tahun di Real Madrid dengan memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut dan menjadi tim pertama yang melakukannya di era modern.

Namun, Zidane meninggalkan Madrid pada musim panas ini. Hal itu sangat mengejutkan banyak pihak mengingat ia sudah memberikan kesuksesan besar selama bertugas di Santiago Bernabeu. Jika dia datang ke Manchester United sekarang, dia akan mengambil alih tim yang sedang berada dalam krisis.

Situasinya sedikit mirip saat Zidane mengambil alih Madrid. Los Blancos tidak berada dalam situasi yang bagus di bawah Rafael Benitez. Namun, Zidane adalah pemenang dan United juga menginginkan pemenang.

Zidane pasti juga ingin membuktikan bahwa dia bukan hanya sekedar pelatih beruntung saja, sehingga pekerjaan di Manchester United bisa jadi salah satu tantangan menarik untuk dirinya.

Antonio Conte

Pada musim pertamanya di Chelsea, Conte meraih kesuksesan besar dengan meraih gelar Premier League. Formasi 3-4-3 berada dibalik kesuksesan Conte saat itu.

Namun, musim kedua Conte di Stamford Bridge sangat buruk meski memenangkan FA Cup. Dia terlihat kehilangan ruang ganti dan tidak masuk kualifikasi Liga Champions.

Conte sudah membuktikan bahwa dia bisa memberikan kesuksesan dalam jangka pendek dan mungkin itulah yang dibutuhkan United saat ini. Fans Setan Merah mungkin banyak tidak setuju tapi mereka tidak punya cara yang lain lagi.

Setelah era Sir Alex Ferguson, Setan Merah tidak memberikan kesempatan yang cukup banyak kepada para manajernya. Conte bisa memberikan kesuksesan meski hanya dalam jangka pendek. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pria Italia itu muncul di Old Trafford.

Mauricio Pochettino

Selama beberapa tahun terakhir, Pochettino sudah cukup sering dikaitkan dengan pekerjaan di Manchester United. Dia sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa di Tottenham selama beberapa musim terakhir dan membuat mereka tampil reguler di Liga Champions meski tidak belanja jor-joran di bursa transfer.

Bahkan, meski Tottenham tidak mendatangkan pemain baru di bursa transfer musim panas ini, mereka masih bisa menghajar United dengan skor 3-0 di Old Trafford.

Pochettino sudah menunjukkan bahwa dia bisa mengeluarkan kemampuan terbaik anak buahnya dan itu pasti bisa diterapkan di United.

Masalahnya, Pochettino tidak punya alasan untuk meninggalkan Spurs saat ini. Mereka berada dalam posisi yang jauh lebih baik dari Setan Merah saat ini di klasemen. Harry Kane dan Dele Alli bermain sangat bagus di bawah manajer Argentina itu dan sepertinya masih bisa lebik baik lagi.

Leonardo Jardim

Jardim bukan nama yang sering dikaitkan dengan pekerjaan di Manchester United. Namun, dia mungkin sosok yang pantas untuk dipertimbangkan. Dia mungkin bukan manajer papan atas di Eropa. Namun, dia sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa di AS Monaco dan layak mendapat kesempatan menangani klub yang lebih besar.

Jardim cukup sering kehilangan pemain terbaiknya. Namun, dia bisa secara konsisten memimpin Monaco masuk ke kualifikasi Liga Champions. Jardim bisa menemukan cara untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya.

Jardim berhasil membawa Monaco meraih gelar Ligue 1 pada musim 2016/17 dan juga menembus semifinal Liga Champions. Mereka punya skuat yang tidak terlalu mentereng jika dibandingkan dengan PSG tapi bisa berbuat banyak di atas lapangan.

Saat ini ada banyak pemain yang penampilannya cukup buruk di skuat Manchester United ini dan Jardim mungkin akhirnya menjadi manajer yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

Diego Simeone

Ada beberapa alasan mengapa Manchester United harus mempertimbangkan Diego Simeone sebagai manajer baru mereka. Salah satunya adalah pencapaiannya yang luar biasa di Atletico Madrid.

Secara finansial, Atletico berada sangat jauh di belakang Real Madrid dan Barcelona. Namun, Simeone berhasil menjadikan klub sebagai salah satu kekuatan yang cukup diperhitungkan di Eropa. Dia membawa mereka tampil dalam dua final Liga Champions dan memenangkan gelar La Liga pada musim 2013/14.

Simeone dianggap sudah membawa Atletico melangkah sejauh mungkin dan tidak ada lagi yang bisa dia capai di sana. Pria Argentina itu mungkin sudah saatnya menerima tantangan baru dan itu mungkin saja ada di Old Trafford.

Simeone sudah membuat Atletico menjadi salah satu tim dengan pertahanan yang kuat di Eropa dan itu adalah area yang harus dibenahi United. Dia mungkin saja akan menjadi orang yang sempurna untuk pekerjaan di Old Trafford. (dbs)