Jokowi: AS Ginting Contoh Atlet Total Berjuang

23 Agustus 2018 - 03:02:32 | 14040 | ASIAN GAMES 2018

DL/23082018/Bandarlampung

---- Perjuangan sampai titik darah penghabisan yang dilakukan para pahlawan dalam perang kemerdekaan RI, direfleksikan oleh Anthony Sinisuka Ginting AS Ginting di lapangan bulutangkis Asian Games 2018.

Dalam posisi tidak diunggulkan karena tepaut jauh dari ranking pebulutangkis China, Shi Yuqi, ternyata tikda membuat AS Ginting minder.

Justru perjuangan kerasnya membuat pemain nomor satu dunia asal China itu sempat kehilangan set pertama dan berjuang sangat keras di dua set berikutnya untuk menghentikan [erjuangan tungal pertama Indonesia ini.

Namun apa mau dikata, takdir berkehendak lain. Diujung pertandingan, AS Ginting didera kram berat dan tak dapat melakukan pertandingan lanjuta meski tinggal beberapa poin lagi. Anak muda ini ditandu keluar dan dirawat tim kesehatan.

Apresiasi Jokowi

Presiden Joko Widodo menjenguk AS Ginting di ruang perawatan Istora Senayan. Anthony mengalami cedera saat bertanding melawan Shi Yuqi pada final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018, Rabu 22 Agustus 2018) di Istora Senayan.

AS Ginting tampil memukau pada gim pertama dan meraih kemenangan 21-14. Pada gim kedua, Shi Yuqi mulai mampu mengatasi tekanan dari suporter Indonesia yang memadati Istora Senayan. Ia menundukkan Anthony 23-21.

Memasuki gim penentuan, pertandiangan semakin menarik karena terjadi kejar-kejaran poin. Namun, Anthony mulai merasakan cedera sehingga tak mampu melanjutkan pertandingan. Shi Yuqi akhirnya meraih kemenangan retired dengan skor 20-21.

Presiden Jokowi yang berada di lokasi pertandingan ikut tegang menyaksikan duel tersebut. Setelah pertandingan usai, Anthony ditandu keluar lapangan dan mendapat perawatan. Jokowi pun membesuknya dan memberikan dukungan.

"Anthony Sinisuka Ginting ditandu keluar lapangan di Istora Senayan karena cedera pada otot kakinya saat kedudukan 20-21 di set ketiga pertandingan final bulutangkis beregu putra melawan Shi Yuqi dari China, selepas petang tadi."

"Saya mendatanginya di ruang perawatan medis pemain pada jeda pertandingan."

"Anthony telah berjuang sampai ujung tenaganya yang tersisa. Meski kalah, ia telah memberi yang terbaik untuk Indonesia," tulis Jokowi dalam akun Instagram.

Perjuangan dramatis AS Ginting juga mendapat apresiasi dari masyarakat Indonesia. Ia bahkan menjadi trending topic dunia. (dbs)