Kemenkumham Lampung Beri Remisi, 55 Diantaranya Bebas

18 Agustus 2018 - 01:56:53 | 18765 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/17082018/Bandarlampung

----- Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung memberikan pengurangan hukuman (remisi) kepada 3796 napi dan 55 diantaranya menghirup udara bebas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono, dalam sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73, Jumat 17 Agustus 2018 di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Way Hui, Lampung Selatan. 

Acara yang dihadiri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan wagub Bachtiar Basri tersebut merupakan agenda tahunan untuk melakukan penyerahan remisi umum yang diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bandarlampung (Lapas Way hui).

Tercatat dari 8.555 warga binaan dan tahanan dari 15 Lapas serta Rutan yang ada di Lampung, yang mendapatkan remisi berjumlah 3.496 warga binaan.

"Dari total 3.496 warga binaan yang mendapatkan remisi, ada 55 orang diantaranya langsung menghirup udara bebas karena masa hukumannya sudah berakhir. Yang terdaftar dari 44 dari Lapas dan 11 napi dari Rutan," kata Bambang.

Menurutnya, tidak semua warga binaan bisa mendapat remisi. Yang bisa mendapat remisi adalah mereka yang berkelakuan baik dan ada syarat syarat lainnya yang harus terpenuhi.

Terpisah, ketika disinggung terkait masalah pengendalian narkotika yang melibatkan delapan tersangka kasus narkotika yang melibatkan empat tersangka diantaranya merupakan warga binaan Lapas. Bambang menegaskan bahwa pihaknya terus berusaha agar warga binaannya tidak terlibat dalam peredaan narkotika.

"Yang jelas kita selalu berusaha tidak ada kata lain kita berhenti dari usaha. Cuma namanya kadang-kadang masyarakat ngomong lebih pintar malingnya dari pada petugasnya," katanya. (ver)