Kalapas dan Andi Ahmad Ikut Meriahkan HUT RI ke-73

16 Agustus 2018 - 10:16:16 | 4185 | HUMANIORA

DL/16082018/Bandarlampung

---- Kemeriahan perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 73 terjadi juga di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA, Rajabasa, Bandarlampung yang berlangsung 14 dan 15 Agustus 2018.

Berbagai permainan tradisional khas perayaan HUT-RI diperagakan oleh petugas maupn warga binaan di Lapas setempat, termasuk partisipasi aktif dari Kepala Lapas, Sujonggo dan salah satu warga binaan mantan Bupati Lampung Tengah, Andi Ahmad Sampoernajaya berbaur dengan yang lain.

Perlombaan tradisional tersebut diikuti kurang lebih 50 warga binaan yang  terdiri dari lomba makan kerupuk, balap karung, masukan paku dalam botol dan joget bola.

"Kegiatan ini kita laksanakan selama dua hari Selasa dan Rabu. Semua warga binaan bisa ikut dan Insya Allah masyarakat dari pengunjung juga bisa ikut merayakan 17 Agustusan ini," kata Sujonggo.

Kanjeng sapaan akrab Andy Achmad, berlomba melawan Kepala Lapas dalam menghabiskan kerupuk yang digantung menggunakan tali yang diiikatkan di jempol kaki masing-masing.

Penyanyi lagu Lampung Tanoh Lada ini juga nampak kelelahan saat berusaha menghabiskan kerupuk di hadapannya. "Susah juga dimakannya kerupuk ini," katanya.

Tidak hanya itu, Kanjeng juga sempat menyanyikan Lagu yang berjudul “Tanoh Lado” dengan suara khasnya di Lapas Rajabasa. Membuat senandung ini spesial, karena dinyanyikan langsung oleh Andy Achmad Sampurna Jaya. Terpidana yang akan bebas menjalani hukumannya tersebut tetap tersenyum di depan puluhan awak media.

Kalapas menambahkan, selain dimeriahkan dengan berbagai lomba, kedepan juga akan ada remisi untuk para warga binaan. Rencana remisi akan diberikan kurang lebih sebanyak 500 remisi.

"Remisi akan diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) pada saat upacara yang dipusatkan di Rumah Tahanan (Rutan) Way Hui, Lampung Selatan. (ver)