Meski M-City Menang, Masih Diperingkat Lima

13 Agustus 2018 - 01:58:38 | 16362 | OLAHRAGA

DL/13082018/London

---- Premiere League mulai bergulir dan persaingan meraih tropi juara Liga Inggris dimulai pula.

Sang juara bertahan, Manchester City dalam mempertahankankan gelarnya dimulai dengan impresif. Pada  lawatan ke markas Arsenal, City membuktikan diri masih terlalu tangguh usai menang 2-0 di Stadion Emirates, Minggu 12 Agustus 2018 malam WIB.

City membuka keunggulannya lewat gol Raheem Sterling di sepertiga awal babak pertama.

Bernardo Silva memperbesar skor City sekaligus memastikan kemenangan atas tim tuan rumah dengan golnya di babak kedua.

Atas hasil ini, City menempati peringkat kelima dengan tiga poin. Aguero cs mengikuti empat tim top lain: Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Tottenham Hotspur yang memetik kemenangan di pekan pertama. Sementara itu, kekalahan ini membuat Arsenal berada di peringkat ke-15 tanpa poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal memulai dengan baik sehingga tidak membiarkan City mendapatkan ritme permainannya di menit-menit awal. Namun, perlahan City mampu keluar dari tekanan dan berbalik menyerang pertahanan tim tuan rumah.

Sebelum pertandingan genap 10 menit, City sudah dua kali membahayakan gawang Arsenal. Di sisi kanan, umpan silang Kyle Walker langsung diredam Petr Cech. Selanjutnya, Raheem Sterling meliuk-liuk di dalam kotak penalti sebelum melepaskan sepakan keras yang lagi-lagi dihalau Cech.

Usaha City membuahkan hasil di menit ke-14. Sterling menggiring bola, melewati beberapa pemain Arsenal sebelum menyelesaikan dengan tembakan dari luar kotak penalti. Cech tak punya kesempatan untuk menghentikan. City memimpin 1-0.

City memaksa Arsenal semakin ke belakang. Meski begitu, Arsenal akhirnya mampu menciptakan peluang di menit ke-21. Hector Bellerin melewati Benjamin Mendy tapi tembakannya masih mengarah ke Ederson. Semenit berikutnya, Cech nyaris membuat bola masuk ke gawangnya sendiri setelah menerima backpass Matteo Guendouzi.

Serangan balasan Arsenal membahayakan City. Di menit ke-44, Pierre-Emerick Aubameyang menerima umpan silang dari sisi kanan yang diteruskan dengan sepakan kencang. Bola melebar jauh dari gawang yang dikawal Ederson.

Babak Kedua

Memasuki paruh kedua, City masih terus menggencarkan tekanan. Keunggulan City hampir bertambah setelah tendangan Aguero dari jarak jauh tak bisa dijangkau Cech. Tapi gawang Arsenal aman karena bola melebar.

Pemain pengganti Alexandre Lacazette nyaris membuat dampak instan. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti City melebar tipis.
Penyelamatan gemilang Cech. Di menit ke-63, Aguero terbebas di depan setelah memanfaatkan kesalahan Guendouzi. Di kotak penalti, Aguero melepaskan tembakan tap Cech bisa menahan bola. 

Meski begitu, City akhirnya mendapatkan gol keduanya semenit kemudian.

Mendy mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti Arsenal yang diterima Bernardo Silva. Tanpa kawalan, Silva melepas tembakan melengkung yang bersarang di sudut atas gawang Arsenal. Arsenal 0, City 2.

Aubameyang melepaskan tendangan lambung, melewati Ederson sehingga masuk ke gawang City. Akan tetapi, skor Arsenal urung berubah karena gol itu dianulir usai Aubameyang dinyatakan offside saat menerima umpan pemain baru Lucas Torreira.

Hingga peluit panjang wasit, skor tak berubah, 2-0 untuk M-City.

Susunan Pemain

ARSENAL: Cech, Sokratis, Mustafi, Bellerin, Oezil, Mkhitaryan, Ramsey (Lacazette 55), Xhaka (Torreira 71), Maitland-Niles (Lichtsteiner 35), Guendouzi, Aubameyang.

MANCHESTER CITY: Ederson, Walker, Mendy, Laporte, Stones, Fernandinho, Guendogan, Mahrez (De Bruyne 60), Bernardo Silva, Aguero (Gabriel Jesus 80), Sterling (Sane 87). 
(tim/dbs)