Evan Kembalikan Kerugian Negara Rp50 Juta

10 Agustus 2018 - 20:04:30 | 6021 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/10082018/Bandarlampung

---- Setelah dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama empat tahun penjara, terdakwa Evan Mardiansyah dalam sidang lanjutan perkara korupsi pengadaan mebel sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat, mengembalikan keuangan kerugian negara Rp50 juta pada sidang yang digelar di PN Tanjungkarang, Jumat 9 Agustus 2018.

Terdakwa melalui tim Penasehat Hukum Alhajar Syahyan, menjelaskan jika kliennya telah dihadapan majelis Hakim yang dipimpin Siti Insirah, pada sidang lanjutan dengan agenda pembacaan duplik.

"Terdakwa Evan Mardiansyah mengembalikan uang kerugian negara Rp50 juta. Ada sekitar Rp65 juta uang yang indikasinya terpakai oleh Evan, tapi kami baru menitipkan Rp50 juta dulu," ucap Alhajar Syahyan.

Ia menambahkan, soal uang kurang lebih Rp600 juta rinciannya sudah jelas. Namun, untuk mengetahui uang tersebut pihaknya berharap perkara tersebut dibuka secara terbuka. "Tapi harus ada aktor utamanya, kenapa harus dia aja," tambahnya.

Sebelumnya, terdakwa dituntut kurungan penjara selama empat tahun serta denda Rp50 juta subsider enam bulan kurungan penjara.

Selain itu, terdakwa juga diharapkan mengembalikan uang pengganti Rp642 juta subsider 12 tahun kurungan penjara. Dalam perkara tersebut, terdakwa didakwa dengan Pasal 3 jo. Pasal 18 UU. Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo. 65 ayat (1) KUHP. (ver)