Malaysia Masih Butuh Perjuangan Keras Untuk ke Semifinal

05 Agustus 2018 - 23:10:00 | 7938 | OLAHRAGA

DL/05082018/Sidoarjo

---- Jika Indonesia di grup A sudah memastikan diri maju ke semifinal, lain halnya bagi Malaysia di grup B yang masih perlu perjuangan keras dan harus melakoni pertandingan hidup mati melawan Laos, untuk menuju ke semifinal.

Timnas Malaysia U-16 berhasil meraih kemenangan di matchday ketiga penyisihan Grup B Piala AFF U-16 2018. Bertemu dengan Singapura di Stadion Joko Samudro, Gresik, Minggu 5 Agustus 2018, tim besutan Raja Azlan Shah menang dengan skor 4-0.

Malaysia tampil percaya diri pada laga ini. Mereka menguasai jalannya laga sejak kick-off. Ketika pertandingan baru berjalan delapan menit, Malaysia berhasil membuka keunggulan lewat Alif Daniel Abdul Aziz.

Malaysia memperbesar keunggulan di menit ke-33. Kali ini strikernya, Harith Naem Jaineh, berhasil menceploskan bola ke gawang Singapura. Skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Malaysia kembali tampil agresif. Mereka terus menekan dan melancarkan serangan bergelombang ke pertahanan Singapura.

Hasilnya, dua gol tambahan tercipta. Gol ketiga Malaysia dihasilkan Mohammad Fahmi Daniel Zaaim di menit ke-46. Gol keempat Malaysia lahir dari gol bunuh diri pemain belakang Singapura, Muhammad Ryaan Sanizaal, menit ke-56.

Mengenai kemenangan ini, pelatih Malaysia Raja Azlan Shah, mengatakan tim asuhannya bermain bagus sejak awal pertandingan. Mereka cukup percaya diri dan nyaman.

"Gol cepat itu membuat kami lebih nyaman dan bersemangat. Beda dengan saat melawan Brunei, anak-anak bisa lebih mengontrol permainan. Tahu kapan main cepat dan lambat," tutur Raja Azlan Shah.

Malaysia juga menguasai setengah lapangan. Mereka terus memaksa Singapura lebih banyak bermain di zonanya sendiri, sehingga lawan tak bisa berkembang.

Bagi Raja, ini sangat penting untuk membiasakan tim bermain seperti ini. "Tak kalah penting, menit golnya. Gol cepat itu bisa membuat kami lebih bisa mengontrol permainan," jelasnya.

Modal Lawan Laos

Raja menambahkan hasil ini merupakan modal bagus untuk pertandingan selanjutnya, melawan Laos, Selasa 7 Agustus 2018, di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik.

Malaysia berebut tiket terakhir semifinal dari Grup B dengan Laos. Kedua tim saat ini memiliki poin sama, enam. Namun, Malaysia memiliki selisih gol jauh lebih bagus ketimbang Laos.

Laos berhasil menahan imbang 0-0 Thailand, dengan demikian nilai Laos saat ini 7 setelah bermain tiga kali, 2 kali menang dan seri sekali. Sementara Malaysia baru mengemas nilai 6 dari dua kali menang sekali kalah.

Di pihak Singapura, pelatih kepala Stephen Ng Heng Seng mengakui timnya tidak tampil bagus pada 45 menit pertama. Selain itu ia juga menyebutkan ada beberapa perbedaan mencolok antara timnya dengan Malaysia.

"Kami tidak punya ketajaman, Malaysia sangat tajam. Antisipasi pemain bertahan tim kami kurang bagus, Malaysia cukup bagus," ujar Stephen.

Stephen menambahkan Singapura memiliki celah menganga yang bisa dimanfaatkan Malaysia untuk mencetak empat gol ke gawang tim besutannya.

Dengan kekalahan ini, berarti sudah tiga kali Singapura tumbang, atau sejauh ini belum pernah di Piala AFF U-16 2018. Menurut Stephen, hal ini disebabkan minimnya pengalaman pemain Singapura. "Tim ini dihuni  banyak pemain muda dan sedang dalam program pengembangan," ucap Stephen.

Jadwal Pertandingan Senin dan Selasa:

6 Agustus 2018
15.30 WIB: Timor-Leste VS Filipina, di Stadion Gelora Joko Samudro
15.30 WIB: Vietnam VS Myanmar, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo
19.00 WIB: Kamboja VS Indonesia, di Satdion Gelora Delta Sidoarjo

7 Agustus 2018
15.30 WIB: Brunei VS Laos, di Gelora Joko Samudro
19.00 WIB: Laos VS Malaysia, di Gelora Joko Samudro. (*)