Fahry: Kami Perlu Rotasi yang Pas

05 Agustus 2018 - 21:58:23 | 6210 | OLAHRAGA

DL/05082018/Sidoarjo

---- Penampilan luar biasa dan hasil yang gemilang seolah berbanding lurus pada tim nasional sepakbola U-16 yang sedang berlaga di Piala AFF U-16 di Sidoarjo, Indonesia.

Dari empat pertandingan, seluruhnya disapu bersih dengan kemenangan yang meyakinkan, maka Bagas dan kawan-kawan kini menempati puncak klasemen grup A dengan nilai penuh 12 dan masih menyisakan satu pertandingan melawan Kamboja, Senin 6 Agustus 2018.

Namun apapun hasilnya, Indonesia sudah memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 tahun 2018 ini, tinggal menunggu siapa yang akan mendampinginya, apakah Myanmar atau Vietnam.

Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke semifinal, sementara Kamboja sudah dipastikan tersingkir.

Itulah mengapa, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, ingin memanfaatkan laga ini untuk melakukan rotasi. Dia akan memberi kesempatan kepada beberapa pemain inti yang selalu tampil dalam empat pertandingan terakhir.

“Saya akan memberikan istirahat kepada pemain kami, stoper, kiper, gelandang. Ada lima pemain yang selama ini menjadi pemain inti. Mereka sudah berjuang maksimal, sekarang waktunya istirahat,” kata Fakhri seperti dirilis bola.com.

Lima pemain yang dimaksud Fakhri adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, stoper Nur Rahman, dan trio gelandang, David Maulana, Andre Oktaviansyah, serta Brylian Negiehta. Semua pemain itu selalu menjadi starter, kecuali Andre.

Andrea tidak menjadi starter saat berjumpa Myanmar 31 Juli 2018. Namun, pemain bernomor punggung 8 itu masuk pada menit ke-33 menggantikan Rendy Juliansyah di laga tersebut.

Semua pemain yang disebut Fakhri merupakan poros kekuatan yang dimiliki tim asuhannya, seperti Ernando dan Nur Rahman yang menjadi andalan untuk menjaga pertahanan.

Sementara trio gelandang seolah telah paten menjadi milik David, Andre, dan Brylian. Ketiga mampu melahirkan kerjasama yang rapi, menyokong lini depan meski tidak selalu tampil penuh 80 menit.

Hal itu berbeda dengan barisan depan Timnas Indonesia U-16. Secara bergantian, Fakhri memasukkan beberapa nama seperti Bagus Kahfi, Sutan Zico, M. Supriadi, Rendy Juliansyah, dan Fajar Fathur untuk mengisi trisula.

"Saya kira di tim manapun, ketika ada rotasi di pertandingan, tidak semua pelatih mengganti kerangka timnya. Tapi, ini kebutuhan kami untuk menjaga kebugaran pemain. Selain itu juga perlu memberi kesempatan untuk pemain lain di Timnas Indonesia U-16," kata Fakhri. (*/dbs)