Ini Lima Mahasiswa IIB Darmajaya yang Lolos Seleksi PPK

05 Agustus 2018 - 00:26:19 | 34641 | PENDIDIKAN

DL/05082018/BANDAR LAMPUNG

---- Lima dari 20 mahasiswa/kelompok mahasiswa kewirausahaan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya lolos untuk mendapatkan pembinaan dalam Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK). Program tersebut dilaksanakan atas kerjasama akademisi kampus biru itu dengan Inkubator Bisnis dan Teknologi (Ikubitek) kampus biru itu.

Ketua Kelompok PPK M. Ariza Eka Yusendra menjelaskan Program Pengembangan Kewirausahaan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Untuk tahun ini, proses seleksi mahasiswa/kelompok mahasiswa yang menekuni dunia kewirausahaan sudah dilakukan sejak Apri, Mei, dan Juni lalu.

“Kami sebagai dosen menerima bantuan dari Kementrian Riset, Teknolog, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berupa hibah Pengabdian Masyarakat PPK. Tujuannya, untuk mencetak 4-5 tenan wirausaha dari kampus,” kata Ariza, usai melakukan seleksi di Kampus IIB Darmajaya, Jumat 2 Agustus 2018.

Menurut dia, sejak April 2018 lalu, pihaknya sudah melakukan seleksi 20 kelompok mahasiswa, baik dari kelas entrepreneur, bisnis maupun para alumni yang punya keinginan wirausaha. “Dan, kami berhasil menentuka 5 dari 20 mahasiswa atau kelompok mahasiswa untuk diorbitkan sebagai tenan IIB Darmajaya. Mereka kami nilai bisa mengembangkan usaha bisnis dan siap dikomersialkan,” kata Ariza.

Usai seleksi ini, kata dia, nantinya kelima mahasiswa tersebut akan mengikuti pembinaan dan pelatihan manajemen usaha, keuangan, desain, dan pemasaran. “Kita akan buatkan jadwal program kegiatan dan kewirausahaan lainnya,” kata dia.

Kelima mahasiswa yang lolos seleksi itu, kata Ariza, yaitu Rama, mahasiswa Jurusan Akuntansi dengan usaha sablon. Kemudian, Melisa dengan usaha aplikasi floart market please untuk wedding organizer dan aksesorisnya.

Selain itu, Yulia dengan usaha kerajinan miniatur kursi, meja, asbak, dan lampu benang siluet Lampung (lanang silam) yang merupakan lampion khas Lampung. 

Ada juga Duki, mahasiswa Jurusan Manajemen yang membuat produk khas Lampung berupa Kulino Kopi dengan beberapa varian rasa.

Dan, Edgar Davit, mahasiswa Jurusan Sistem Komputer dengan karya aplikasi pembelajaran secara online san-edu. “Kelima mahasiswa ini nantinya akan kami bina yang nantinya menjadi hasil binaan PPK IIB Darmajaya dan Inkubitek,” kata dia.

Mereka yang lolos seleksi nantinya akan mendapatkan pendampingan. Program ini, kata Ariza, tujuan akhirnya untuk muncul komunitas bisnis mahasiswa di kampus IIB Darmajaya yang bisa ditularkan kepada mahasiswa lainnya sebagai enterpreneur university.

“Kami yang melakukan seleksi terdiri dari saya sendiri sebagai ketua (akademisi), dibantu Niken Paramitasari (Inkubitek), Ketut Artay (Humas dan Kerjasama), dan Dedi Putra (Biro Kemahasiswaan),” kata dia. (**)