Liga Nusantara Futsal Zona Lampung Diikuti 14 Tim

02 Agustus 2018 - 10:28:09 | 26568 | FUTSAL MANIA

DL/02082018/Bandarlampung

---- Liga Nusantara (Linus) Futsal zona Lampung 2018 diikuti 14 tim. Kepastian ini didapat dari tiga zona yang menyelenggarakan putaran kompetisi Linus kali ini.

Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung memutuskan untuk menggelar Linus dengan sistem zona dan membagi menjadi 3 zona pelaksana, yakni Lampung Utara zona 1, Kota Metro zona 2 dan Bandarlampung zona 3.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua AFP Lampung, Edi Purwanto usai manajer meeting calon peserta zona Bandarlampung di ruang rapat KONI Lampung, Rabu 1 Agustus 2018 menegaskan bahwa cara ini ditempuh atas rujukan dari Rakernas FFI tahun 2017.

“Dari Rakernas menyarankan agar di daerah mulai dengan sistem zona dalam pelaksanaan Linus. Tentu tujuannya untuk efisiensi dan pemerataan kegiatan. Ini kami coba terapkan di Lampung, dan untuk membagi zona yang jarak tempuh pesertanya lebih dekat,” katanya.

Setelah finalisasi peserta maka diperoleh jumlah dari 3 zona ini ada 14 tim. “Tim peserta adalah angota tetap AFP yang selama ini telah menghuni slot untuk Linus sejak 2014 ditambah dengan calon anggota yang baru masuk tahun ini,” tambah Don Pecci, panggilan akrab Edi Purwanto.

Zona 1 dimainkan di Lampung Utara dengan jangkauan peserta tim-tim dari Lampung Barat, Pesisir Barat, Tulangbawang Barat, Way Kanan dan Lampung Utara.

Zpna 2 Kota Metro dengan sasaran peserta dari kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Mesuji, Tulangbawang dan Kota Metro.

Sementara Zona 3 digelar di Bandarlampung dengan lingkup klub peserta dari Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung.

Memang sangat disesalkan, ada beberapa anggota tetap yang menyatakan tidak ikut dalam Linus 2018 karena beberapa alasan termasuk biaya.

“Ya tapi apa mau dikata, kalau kemampuan klub tidak memungkinkan kali ini harus direlakan untuk beberapa tim tidak ikut. Itu wajar, setiap klub kan ada persoalan masing-masing. Namun demikian kita catat, bagi anggota tetap yang dua kali berturut-turut tidak mengikuti Linus, maka keanggotaannya akan kita coret. Mereka harus kembali sebagai calon anggota di tahun depannya, serta kehilangan hak suara dalam kongres.” Ujarnya.

Linus akan digelar di semua zona mulai 3 Agustus dan berakhir 5 Agustus 2018. Kemudian akan keluarg tim-tim yang akann bertanding ke 8 besar yang akan digelar di Kota Metro pada 25 dan 26 Agustus 2018. (ver)