TK Ekadyasa Wakili Lampung Ditingkat Nasional

30 Juli 2018 - 11:35:56 | 12852 | PENDIDIKAN

DL/28072018/KALIANDA

----- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) optimis meraih juara pada Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Taman Kanak-kanak (TK) tingkat nasional tahun 2018.

Tahun ini Kabupaten Lamsel yang diwakili TK Ekadyasa Desa Branti Raya, Kecamatan Natar terpilih mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Sekolah Sehat UKS tingkat nasional setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang panjang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtertaan Rakyat (Kesra) Pemkab Lamsel, Supriyanto, S.Sos, MM menyatakan, pihaknya optimis TK Ekadyasa terpilih menjadi juara 1 pada Lomba Sekolah Sehat UKS tingkat nasional.

Sebab menurutnya, kegiatan pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan di TK Ekadyasa maupun Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sudah menjadi kebiasaan anak-anak termasuk para orang tuanya.

“Insya Allah, kita optimis bisa menjadi yang terbaik ditingkat nasional. Karena memang kegiatan disini (TK Ekadyasa, red) sudah berjalan dengan baik,” kata Supriyanto kepada tim Diskominfo Lamsel, Jumat 27 Juli 2018.

Selain itu, Supriyanto menilai, lingkungan sekolah TK Ekadyasa cukup baik, dilihat dari segi kesehatan, kebersihan lingkungan, sarana prasarana, maupun aspek lainnya.

“Jadi, kita sifatnya hanya membina dan mensuport saja. Ini semuanya alami, silahkan nanti tim pusat yang akan menilai secara objektif,” katanya menambahkan.

Sementara, Ketua Tim penilai Ahyar, S.Sos dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan, Lomba Sekolah Sehat UKS telah dilaksanakan sejak tahun 1990.

Dia menjelaskan, dilaksanakannya lomba tersebut adalah sebagai apresiasi dari kegiatan UKS. Yang menurutnya, sangat mendasar bagi kepentingan para peserta didik, khususnya untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Prilaku Hidup Bersih Sehat para peserta didik itu sendiri. Mulai dari lingkungan sekolah, maupun lingkungan rumahnya masing-masing,” ujar Ahyar pada acara penilaian di TK Ekadyasa.

Dia berharap, PHBS sudah terbiasa dan terkondisikan sedini mungkin, hingga peserta didik lulus sampai jenjang SMA kelak. “Mudah-mudahan TK disini akan terbiasa dengan sikap dan prilkau hidup sehat dikemudian hari,” katanya.

Disinggung hasil penilaian, dirinya belum bisa memberikan banyak gambaran. Namun katanya, ia beserta tim penilai lainnya akan melakukan penilaian yang seobjektif mungkin.  “Provinsi Lampung ini tidak pernah absen menjadi juara nasional. Mudah-mudahan tahun ini kembali bisa menjadi juara, kita lihat nanti hasilnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan dan Politik, Theresia Sormin, SH. (Ris/Kmf)