Disdik Lamsel Ujicoba Konsep Sekolah Sehari Penuh

22 Juli 2018 - 15:19:52 | 6804 | PENDIDIKAN

DL/22072018/Lamsel

---- Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan melakukan uji coba konsep sekolah sehari penuh (Full Day School/FDS). Sebanyak 30 Sekolah Dasar (SD) dan 35 Sekolah Menengah Pertama (SMP) disebut menjadi sampel uji coba konsep ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Thomas Amirico menerangkan, pihaknya saat ini masih melakukan penilaian responsif siswa dan guru dari uji coba konsep FDS.

"Masih kita (Dinas Pendidikan Lampung Selatan) lihat dulu hasilnya seperti apa. Kalau nanti memang dapat diterima oleh semua kalangan dan hasilnya baik, maka akan diterapkan juga di Sekolah lainnya," ujar Thomas saat dijumpai diruang kerjanya, Kamis 19 Juli 2018.

Dikatakannya, dengan penerapan konsep FDS, kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan diharapkan dapat menuju arah yang lebih baik.

"Sisi positif lain dari FDS, di hari Sabtu dan Minggu, para peserta didik dapat mempunyai waktu untuk bersama dengan keluarganya. Tentu ini lebih maksimal. Maka dari itu, dilakukan uji coba konsep ini," terang dia.

"Sedangkan yang digunakan masih kurikulum 13 (K-13), tapi karena ada pemadatan waktu efektif KBM dari Senin sampai Jumat, maka ada beberapa jadwal mata pelajaran yang ditambahkan," sambungnya.

Lanjut Thomas, Dinas Pendidikan Lampung Selatan telah menurunkan tim pengawas untuk melakukan monitoring terkait dengan uji coba konsep FDS di 65 sekolah tersebut.

"Masih dikaji untung dan rugi dari penerapan FDS ini. Kalau hasilnya baik, maka konsep ini akan segera diluncurkan di Lampung Selatan," pungkasnya. (Ris)