Membunuh Teman, Warga Sukarame Dihukum 12 Tahun Penjara

11 Juli 2018 - 22:16:05 | 1620 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/11072018/Bandarlampung

----- Ajely Yansyah alias Riansyah (22), warga Jalan RS Kesuma Yuda, Kelurahan Sukarame, Telukbetung Barat, Bandarlampung, hanya tertunduk lesu setelah Majelis Hakim yang dipimpin Jhony Butar Butar memvonis terdakwa selama 12 tahun penjara dalam sidang yang digelar di PN Tanjungkarang, Rabu 11 Juli 2018.

"Terdakwa terbukti melanggar Pasal 338 KUHP tentang penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain. Akibatnya, terdakwa dijatuhi hukuman selama empat belas tahun," kata Jhony Butar Butar saat membacakan amar putusannya.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eka Aftarini, yang sebelumnya menuntut terdakwa selama 14 tahun penjara.

Dalam pertimbangan JPU menjelaskan, hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat dan terdakwa juga telah menghilangkan nyawa seseorang.

Sedangkan yang meringankan, terdakwa telah menyesali perbuatannya dan telah mengakui perbuatannya.

JPU menjelaskan, berawal pada Minggu 28 Januari 2018 di Jalan Raden Saleh Kesuma Yuda, Kampung Pampangan RT 05 Kelurahan Sukarame II, Telukbetung Timur Bandarlampung, kejadian bermula saat korban Erik sedang main kartu gaple. Saat itu saksi Aang Parulina meminta terdakwa untuk membeli rokok.

"Dalam perjalanan membeli rokok, terdakwa bertemu korban dan langsung dimintai uang oleh korban dan beberapa orang rekannya. Hampir satu jam terdakwa pergi beli rokok dan tidak kunjung kembali. Ternyata saat itu terdakwa sedang dimintai uang oleh korban dan teman-temannya. Terdakwa diancam, jika tidak memberikan uang akan dipukuli,” terangnya.

Karena terdakwa memang sudah kesal dengan perlakuan korban dan teman-temannya karena sehari sebelumnya sempat cekcok dengan terdakwa.

Setelah itu, terdakwa menghampiri korban yang telah menunggu terdakwa. “Terdakwa mencabut pisau tersebut dari sarungnya lalu berjalan tergesa-gesa menuju korban dan menusukkan pisau tersebut ke arah paha sebelah kiri korban,” ungkapnya. (ver)