Pemkab Lamsel Berikan Subsidi OTD Calhaj Rp2,3 Juta Perorang

05 Juli 2018 - 07:45:04 | 29 | BERITA DAERAH

DL/05072018/KALIANDA

---- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) akan memberikan subsidi Ongkos Transit Daerah (OTD) untuk seluruh jamaah calon haji Kabupaten Lamsel tahun 1439 Hijriah / 2018 M.

Kepastian itu disampaikan Bupati Lamsel, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum saat membuka kegiatan bimbingan manasik haji bagi 339 jamaah calon haji Kabupaten setempat, yang berlangsung di Masjid Bani Hasan, Kalianda, Rabu 4 Juli 2018.

“Mungkin juga belum banyak yang tau, saya juga baru tahu ini. Jadi, perjamaah akan mendapat dana sebesar Rp2,3 juta, dikali 339 orang lebih kurang 800 juta lebih,” terang Zainudin.

Diketahui, OTD yang telah dianggarkan melalui APBD Lamsel itu, tidak diberikan secara tunai. Tetapi berupa akomodasi untuk kebrangkatan dan kepulangan jamaah calon haji dari asrama haji Provinsi Lampung sampai asrama haji di Jakarta dan sebaliknya.

“Uang ini ditransfer ke rekening provinsi, Untuk itu saya minta nanti harus ada laporan pertanggung jawabannya dari provinsi, untuk apa saja digunakannya. Kalau untuk bus berapa sewanya, sehingga angkanya harus sama,” tukasnya.

Menurutnya, OTD yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Pemkab Lamsel untuk membantu meringankan cost pengeluaran jamaah yang akan menunaikan ibadah haji. Sehingga, para jamaah tidak dibebankan lagi dengan biaya-biaya yang lain.

“Dari sini (Kalianda, red) ke provinsi Pemkab juga menyediakan bus, ini sudah berjalan setiap tahunnya. Jadi, artinya ada kontribusi dari pemda dan seluruh masyarakat untuk keberangkatan jamaah, walapun sedikit,” katanya. (Ris/az)