PN Kota Agung Gelar Sidang Praperadilan Suherman Vs Kapolda Lampung

03 Juli 2018 - 09:50:47 | 621 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/03072018/Tanggamus

----- Kasus pidana yang menyeret nama Suherman bin Sundoro yang disangkakan ikut serta dalam pencurian dengan kekerasana pada Desember 2017 berbuntut panjang.

Tersangka mengajukan gugatan Pra Peradilan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Lampung melalui Pengadilan Negri (PN) Kelas II Kota Agung.

Sidang perdana Praperadilan tak terselenggara karena pihak Kapolda tidak hadir karena agenda Pilkada serentak.

Akhirnya PN Kota Agung mengelar sidang praperadilan kedua atas Polda Lampung yang diajukan oleh Suherman Bin Sundoro yang dikuasakan hukum oleh kantor hukum  Yalva Sabri SH.

Suherman bin Sundoro disangkakan ikut dalam tindak pidana pencurian pada tanggal 14 Desember 2014 di Dusun Gerujukan Dua, Desa Roworejo Kecamatan Negri Katon Kabupaten Pesawaran Propvinsi Lampung.

Dalam sidang kedua termohon memberikan replik atas tuntutan Suherman Bin Sundoro yang ditangkap di rumahnya di Pekon Pandansari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu pada 26 Mei 2018 tanpa memberikan surat penangkapan yang diberikan kepada pihak keluarganya.

Keluarga baru tahu kalau Suherman telah di rawat di Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung pada Senin 28 Mei 2018 oleh petugas rumah sakit Bhayangkara.

Sidang yang dipimpin oleh ketua majelis hakim Farid dijadwalkan secara marathon, dimulai pada Selasa 3 Juli 2018 dengan agenda Replik dari Suherman Bin Sundoro, Rabu Duplik dari Polda/ dan Kamis dengarkan keterangan saksi-saksi dan Jumat 6 Juli 2018 pembacaan Kesimpulan Kemudian Senin 8 Juli 2018 Putusan sidang. (prat)