Argentina Pulang, Prancis Melaju

30 Juni 2018 - 23:38:25 | 647 | OLAHRAGA

DL/30062018/Bandarlampung

---- Tim Tango Argentina harus segera mengepak koper dan pulang ke negaranya setelah gagal melalui babak 16, dan kalah 4-2 dari Prancis di stadion Kazan, Rusia, Sabtu 30 Juni 2018, malam WIB.

Kekalahan ini sangat wajar jika melihat permainan kedua tim yang berlangsung 95 menit. Argentina terlihat tegang dan kurang kreatif dalam menyerang maupun bertahan.

Setelah skor 1-1 pada babak pertama, permainan babak kedua menjadi terbuka dan mengandalkan kecepatan masing-masing pemain depannya.

Prancis lebih unggul dalam kecepatan barisan depan karena terdiri dari pemain-pemain muda yang punya power tinggi, seperti Mbappe.

Argentina langsung tancap gas saat Wasit Fagani Alireza asal Iran meniup peluit babak kedua dimulai. Baru berjalan dua menit, Gabriel Marcado membuat gol menit 47. Berawal dari tendangan keras Messi ke arah gawang membentur kaki Marcado dan bola membelok arah ke dalam gawang Lioris yang sudah salah langkah.

Namun keunggulan itu tak berlangsung lama. Karena pada menit 56, pemain muda Prancis Pavard menunjukkan intuisi cepatnya dengan tendangan first time, setelah menerima umpan tarik dari sayap kiri  Prancis. Tendangan melintir itu tak terjangkau Armani. 2-2.

Tujuh menit berselang, pemain termuda Prancis, Mbappe menunjukkan skillnya dengan melesakkan bola ke gawang Argentina, dan membalikkan skor 3-2. Sebelum membuat gol, Mbappe melewati hadangan 2 pemain belakang Argentina.

Mbappe mengunci kemenangan Prancis menjadi 4-2, saat serangan balik cepat Prancis menusuk jantung pertahanan Argentina. Oliver Giroud mengirim umpan silang dalam kecepatan tinggi kepada Mbappe yang berlari di sector kiri pertahanan Argentina.

Mbappe dengan tendangan keras mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Armani, dan tak terhanan oleh kipper jangkung itu. 4-2.

Gol ini yang menyebabkan satu gol balasan Argentina yang dicetak Sergio Aguero melalui sundulan kepala menit 92 tak berarti. Karena Argentina hanya mampu mencetak 3 gol.

Kemenangan 4-3 ini membuat Prancis melenggang ke 8 besar, menunggu hasil pertandingan antara Portugal versus Uruguay Sabtu 30 Juni 2018 dini hari. (don)

Foto: Saeed khan /AFP