Pemkot Metro Gelar Manasik Haji

29 Juni 2018 - 10:27:45 | 1458 | BERITA DAERAH

DL/29062018/Kota Metro.

---- Walikota Metro, Achmad Pairin membuka kegiatan Manasik Haji Tahun 1439H/2018M, yang berlangsung di Masjid Taqwa Kota Metro pada Kamis 28 Juni. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dan Instansi terkait menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji yang merupakan bagian upaya untuk memberikan bekal pengetahuan tentang  tata cara melaksanakan ibadah haji, gambaran perjalanan yang akan ditempuh, masalah-masalah yang mungkin dihadapi dalam ibadah haji, dan ditujukan untuk mewujudkan pelaksanaan ibadah haji bagi calon jamaah haji Kota Metro agar lancar, aman, mandiri, dan mabrur.

Kepala Kemenag Kota Metro, H. Johan Yusuf, S.Ag, M.Pd.I dalam hal ini sebagai Kepala Staf Urusan Haji, menyampaikan laporan mengenai tata cara bimbingan, yakni bimbingan manasik haji secara masal di tingkat Kota Metro dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, dan bimbingan manasik haji secara kelompok di tingkat Kecamatan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan.

Adapun waktu untuk Kota Metro dilaksanakan pada 28 dan 29 Juni 2018 di Masjid Taqwa Kota Metro, dan untuk tingkat Kecamatan dilaksanakan pada 30 Juni, 1 sampai 7 Juli 2018 di masing-masing kecamatan.

“ Peserta manasik haji adalah calon Jamaah Haji yang telah melunasi BPIH tahun 1439H/2018M yang berjumlah 387 jamaah, dengan rincian  peserta dari Kecamatan  Metro Pusat berjumlah 206 jamaah, dari Kecamatan Metro Utara berjumlah 58 jamaah, dari Kecamatan Metro Barat berjumlah 59 jamaah, dari Kecamatan Metro Timur berjumlah 119 jamaah, dan peserta dari Kecamatan Metro Selatan berjumlah 45 jamaah. Biaya bimbingan manasik haji dibiayai sepenuhnya oleh anggaran BPIH tahun 1439H/2018M,” jelasnya.

Sementara, Walikota Metro, Achmad Pairin,  didalam sambutannya menyampaikan kepada calon jamaah haji agar nantinya dapat melakukan ibadahdengan baik. Apa yang telah diajarkan pada saat bimbingan, sehingga nantinya dapat menjalankan ibadah haji secara sempurna.

“Melalui pelatihan Manasik Haji ini, saya harap para jamaah sekalian dapat melaksanakan rangkaian ibadah Haji dengan sebaik-baiknya, sehingga Insya Allah sepulangnya dari menunaikan ibadah haji nanti, akan mampu meraih Predikat Haji yang Mabrur,” tandasnya. (Igun)