Suntana: Aman, Pilgub Lampung Siap Digelar

26 Juni 2018 - 04:40:02 | 2538 | POLITIK

DL/26062018/Bandarlampung

---- Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak di Indonesia siap digelar pada Rabu,  27 Juni 2018. Seluruh persiapan penyelenggaraan pemilihan baik distribusi kotak dan surat suara serta pengamanan pelaksanaan pemungutan suara di TPS sudah siap.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana menegaskan kepada publik Lampung agar bisa memberikan hak pilih dengan mencoblos ke TPS. Siapapun yang nanti dipilih oleh rakyat dan mendapatkan amanah memimpin harus bisa merangkul yang tidak terpilih.

"Kita sudah lakukan pengamanan proses distribusi surat dan kotak suara ke daerah.  Aparat pengamanan cukup untuk pastikan pilgub Lampung aman," kata Irjen Suntana.

Seperti diketahui,  di Lampung pemilihan gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan di 15 kabupaten/kotamadya.

Polda Lampung secara khusus menggelar Istighosah Kamtibmas agar Lampung aman bersama seluruh paslon yang dihadiri Arinal Djunaidi,  calon Gubernur nomor urut 3, Bupati Bandarlampung Herman HN yang maju cagub bernomor urut 2 dan Ahmad Jajuli cawagub nomor urut 4.

"Siapapun yang terpilih nanti harus bisa merangkul yang tidak terpilih. Siapapun yang terpilih itu pilihan Allah,  yang tidak terpilih tidak perlu melaksanakan langkah yang melanggar hukum," kata Irjen Pol Suntana.

Kapolda Lampung,  Irjen Pol Suntana menambahkan kalau dalam proses pemilihan ada masalah dan mau komplain silakan memakai jalur Mahkamah Konstitusi.  Sementara untuk pesan secara khusus kepasa masyarakat Lampung yang akan laksanakan hak pilih, dipersilakan memberikan hak suara sesuai dengan hati nurani masing-masing.

"Di masa tenang,  himbauan kita semua paslon tidak melakukan money politics,  mari kita didik masyarakat Lampung berdemokrasi secara santun,  diajarkan masyarakat berpolitik secara elegan," kata Irjen Pol Suntana.

Guna memberikan rasa aman kepada warga Lampung, aparat kepolisian  sudah berpatroli dan ada pembentukan satgas yang bekerja di lapangan.  Terkait perhatian khusus, di TPS ada kalkukasi aman dan rawan,  semua kita perlakukan sama.

"TPS rawan kita lakukan patroli secara cukup, bukan berarti TPS yang aman. TPS rawan itu yang di pulau jauh dari pusat di pelosok. Di TPS yang rawan konflik diberikan tambahan personel yang banyak," kata Irjen Pol Suntana.

Arinal Djunaidi yang berpasangan dengan Bupati Lampung Timur,  Chusnunia atau yang lebih dikenal dengan Nunik,  pasangan nomor urut tiga akan memberikan hak pilih di TPS tak jauh di kediaman masing-masing.

Arinal Djunaidi bersama istrinya Riana Sari dan anaknya akan mencoblos di TPS di Way Halim. Chusnunia atau Nunik memberikan hak suara di desanya Karanganom,  Waway Karya Lampung Timur.

"Ayo rakyat Lampung gunakan hak pilih,  datang ke TPS untuk mencoblos demi kemenangan Lampung Berjaya," kata Arinal Djunaidi, calon Gubernur nomor urut 3.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Lampung,  Nanang Trenggono menyampaikan pesan agar rakyat Lampung yang memiliki hak pilih dan tercatat di DPT menggunakan hak pilih.

"Manfaatkan hak pilih untuk memilih dan mencoblos pemimpin Lampung sesuai pilihan di TPS,  kita berharap pelaksanaan coblosan,  pemungutan suara berjalan lancar," kata Nanang Trenggono. (lis)