Tito: Begal, Tembak Aja, Saya Tanggung Jawab

12 Juni 2018 - 22:26:39 | 1917 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/12062018/Lampung Selatan

---- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dengan tegas menginstruksikan kepada jajaran untuk menindak tegas begal yang melakukan aksinya selama musim mudik lebaran. “ Musim lebaran gak ada Begal. Kalau ada tembak aja. Saya tanggung jawab.” Kata Tito saat kunjungan ke Seaport Interdiction Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan, Senin 11 Juni 2018.

Kunjungan Kapolri ini dalam rangka meninjau kesiapan keamanan dalam arus mudik lebaran 1439 hijriyah bersama beberapa pejabat lainnya, diantaranya Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemberdayaan Perempuan Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek.

Tito juga mengisyaratkan kalau sampai polisi kecolongan lagi, pasti ada pejabat kepolisian yang akan dicopot. “Saya tegaskan silahkan Polisi bekerja sebaik-baiknya. Kalau sudah tau pelaku kejahatannya maka tinggal didorong saja, tangkap. Kalau sudah terbukti segera lakukan penangkapan, kalau nglawan tembak saja,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan ada pemudik yang dibegal di wilayah Lampung Selatan, pada sabtu 9 Juni 2018 sekitar pukul 02.00 dini hari.

Korbannya Syahroni (31), asal Pekon Kejayaan, Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung, pekerja asal Bekasi yang hendak mudik ke kampung halamannya. Syahroni menjadi korban begal di jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Simpang Kates, Katibung, Lampung Selatan.

Syahroni mengalami luka di bagian belakang kepalanya selebar 15 cm, akibat luka tebasan senjata tajam, dan menjalani perawatan intensif di ruang Bougenville, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek, Bandar Lampung. Dan kendaraan roda 2 yang dipakai korban dibawa kabur oleh pelaku. (Ris)